Jakarta (ANTARA) - Jane Campion dinobatkan sebagai sutradara terbaik Academy Award lewat film "The Power of Dog", menjadi perempuan ketiga dalam 94 tahun sejarah Oscar yang membawa pulang piala untuk kategori itu, Minggu (27/3).

Sutradara dari Selandia Baru ini mengikuti jejak Kathryn Bigelow dan Chloe Zhao sebagai perempuan yang mendapatkan penghargaan di bidang penyutradaraan, bidang yang masih didominasi oleh pria di Hollywood.

Baca juga: Jane Campion ketua juri Festival Cannes

Sutradara 67 tahun ini pernah mendapat nominasi untuk film "The Piano" tahun 1993. Penghargaan sutradara kala itu jatuh pada Steven Spielberg yang menyutradarai "Schindler's List", tapi ia memenangi Oscar untuk skenario asli terbaik.

Tidak ada perempuan selain Campion yang dinominasikan untuk sutradara terbaik lebih dari satu kali. Dia baru-baru ini menggambarkan dirinya sebagai "nenek dalam gerakan perempuan di film."

"Power of the Dog" adalah kisah balas dendam yang berlatar Montana 1925 dan diangkat dari novel karya Thomas Savage tahun 1967. Syuting di Selandia Baru, film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai pemilik peternakan yang berniat menyiksa istri baru saudara laki-lakinya, yang diperankan oleh Kirsten Dunst.

Ini adalah film pertama Campion sejak 2009. Baru-baru ini dia mengerjakan konten televisi, menulis serial drama "Top of the Lake".

Baca juga: Jane Campion minta maaf atas komentar ke petenis Venus & Serena

Baca juga: Kata sutradara Jane Campion saat cetak sejarah di nominasi Oscar

Baca juga: "The Power of the Dog" tayang di Netflix 1 Desember

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022