Jakarta (ANTARA) - Aktris Korea Selatan Youn Yuh-jung mengumumkan nama Troy Kotsur, aktor tunarungu pertama yang memenangkan Oscar di Academy Awards tahun ini, dalam bahasa isyarat.

Seperti dikutip dari Yonhap, Senin, dalam upacara yang disiarkan pada hari Minggu (27/3) waktu Amerika Serikat, Yuh-jung sebagai aktris pendukung terbaik Oscar tahun lalu, naik ke panggung untuk mempersembahkan hadiah pada Aktor dalam Peran Pendukung.

Dia memulai dengan kalimat yang bisa diartikan, "Dan Oscar jatuh kepada," kemudian berhenti dan mengisyaratkan nama Kotsur sebelum mengucapkannya dengan keras di mikrofon.

Yuj-jung lalu menyerahkan piala pada sang aktor kemudian membantunya menyampaikan pidato kemenangan dengan gerakan tangan seperti dalam bahasa isyarat. Dia tetap di atas panggung sambil memegang Oscar sampai Kotsur menyelesaikan pidatonya dengan seorang penerjemah.

Baca juga: Troy Kotsur jadi aktor tuli pertama yang menangi SAG Awards

Kotsur memerankan seorang ayah dengan seorang putri yang berjuang sebagai satu-satunya anggota keluarganya yang tidak tuli dalam film "CODA."

Tahun lalu, Yuh-jung menjadi aktor Korea pertama yang memenangkan Oscar untuk penampilannya dalam film "Minari."

Sebagai presenter aktor pendukung terbaik tahun ini, dia meminta maaf atas keluhan tentang namanya yang salah disebut tahun lalu.

"Aku mengeluh karena salah mengucapkan namaku dan aku sangat menyesal karena telah melihat nominasi dari kategori yang luar biasa ini dan sekarang aku harus mengucapkannya. Tolong maafkan aku sebelumnya," kata dia.

Sementara itu, tiga aktor Korea yakni Park Yu-rim, Jin Dae-yeon dan Ahn Hwi-tae, yang muncul dalam drama Jepang "Drive My Car," menghadiri upacara yang diadakan di Dolby Theatre di Los Angeles itu.

Film berdurasi tiga jam karya Ryusuke Hamaguchi itu dinominasikan dalam empat kategori, termasuk film terbaik, dan dianugerahi Best International Feature.
​​​​​
Baca juga: "CODA" menangkan Oscar 2022, catatkan sejarah baru

Baca juga: "CODA", "Squid Game", hingga Will Smith menangi SAG Awards 2022

Baca juga: Troy Kotsur jadi aktor tuli pertama yang menangi SAG Awards

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022