Malang (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meraih gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ekonomi dari Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Menurut Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (UB) Dr Khusnul Ashar, Jumat, JK memiliki visi dan misi yang sama dengan FE dalam pengembangan ekonomi di Tanah Air.

"Selain itu juga sebagai seorang pelaku bisnis yang sukses dan peduli terhadap masyarakat. Banyak hal yang melatarbelakangi kami untuk memberikan gelar doktor H.C ini kepada Pak JK," ujarnya.

Ia mengakui, banyak pelaku pengusaha sukses menjalankan bisnisnya di berbagai bidang, namun yang peduli dengan permasalahan di negeri ini sulit dijumpai, termasuk yang mampu meredam konflik di Tanah Air.

Ia mengemukakan, JK merupakan sosok (figur) ekonom yang lengkap, tidak hanya dalam berbisnis tapi juga peduli akan sesama termasuk kiprahnya sebagai Ketua Umum PMI, sehingga JK layak mendapatkan gelar tersebut.

Gelar doktor H.C bagi JK tersebut bakal dianugerahkan, Sabtu (8/10) bersamaan dengan HUT ke-50 FE UB yang digelar di Gedung Widyaloka kampus setempat.

Dengan dianugerahinya gelar doktor H.C dari Universitas Brawijaya Malang itu, dalam rentang waktu sekitar satu bulan JK meraih dua gelar doktor H.C.

Sebelumnya JK juga mendapatkan gelar yang sama dari Universitas Hassanudin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, dalam dalam Upacara Senat Luar Biasa payaan Dies Natalis ke-55 kampus itu, Sabtu (10/9/2011).

Sementara di FE UB, JK juga merupakan orang kedua yang telah mendapatkan gelar doktor H.C, karena sebelumnya (2008) fakultas itu juga menganugerahi Pangeran Al Walid dari Kerajaan Arab. (E009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011