Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Rahmad Pribadi dinobatkan sebagai CEO Terbaik Anak Perusahaan BUMN dalam Anugerah BUMN 2022.

Rahmad Pribadi dinilai konsisten mengimplementasi strategi-strategi pengembangan perusahaan di tengah berbagai tantangan industri pupuk dan petrokimia, baik domestik dan global di tahun lalu.

"Di tengah kondisi ekonomi dan pasar yang masih dinamis akibat pandemi, PKT terus menerapkan strategi inovasi bernilai tambah yang berbasis risiko, termasuk melalui diversifikasi usaha. Melalui langkah strategis yang didukung pengelolaan risiko dan operasional yang baik, puji syukur PKT bisa keluar dari krisis COVID-19 sebagai pemenang, salah satunya dengan membukukan catatan laba tertinggi," kata Rahmad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Sepanjang 2021, PKT berhasil mencatatkan laba setelah pajak senilai Rp6,17 triliun atau tertinggi sepanjang sejarah. Anak usaha Pupuk Indonesia itu dinilai mampu memaksimalkan produktivitas hingga meningkatkan efisiensi operasional.

Ada pun sejumlah strategi dilakukan untuk memastikan perusahaan tetap mampu mempertahankan kinerja positif meski di tengah pandemi diantaranya transformasi digital, efisiensi energi, pengembangan SDM, dan diversifikasi usaha dengan bahan baku energi terbarukan.

Sebagai produsen pupuk urea terbesar di tanah air, PKT juga dinilai mampu menjalankan amanah transformasi BUMN, yang makin profesional, transparan, dan akuntabel, serta memiliki semangat kompetisi global dengan tetap berdampak sosial tinggi bagi masyarakat.

Selain meraih penghargaan CEO Terbaik Anak Perusahaan BUMN, PKT juga meraih tiga penghargaan di dalam ajang tersebut, antara lain The Best CEO Anak Perusahaan, Terbaik I Anak Perusahaan BUMN dalam menjalankan Strategi Tumbuh dan Bertahan, dan juga Terbaik II pada Transformasi Organisasi Anak Perusahaan BUMN.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri Tanri Abeng di Jakarta, Kamis (24/03) berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari Strategi Pertumbuhan, Transformasi Organisasi, Tata Kelola Perusahaan, Pengembangan SDM Unggul serta Inovasi Bisnis.

Baca juga: Pupuk Kaltim catat laba 2021 Rp6,17 triliun, tertinggi dalam sejarah

Baca juga: Pupuk Kaltim fasilitasi pameran produk dua UMKM di MotoGP Mandalika

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022