Kami berdiskusi tentang kerja sama Indonesia dengan Amerika
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sung Yong Kim membahas kerja sama Indonesia dan AS di sektor teknologi, informasi, dan komunikasi.

Secara khusus, pertemuan tersebut membahas dukungan masing-masing negara di International Telecommunication Union (ITU), yang merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami berdiskusi tentang kerja sama Indonesia dengan Amerika yang secara khusus kerja sama dengan Amerika di sektor teknologi, informasi, dan komunikasi atau sektor digital, termasuk di dalamnya mendiskusikan bagaimana kerja sama dan saling mendukung Indonesia dan Amerika di ITU," ucap Johnny usai pertemuan di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin.

Baca juga: Menkominfo sebut pentingnya pembangunan ketahanan siber

Johnny mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan ada pergantian Sekretaris Jenderal (Sekjen) ITU. Amerika Serikat, kata dia, mengajukan seorang calon bernama Doreen Bogdan-Martin.

Johnny mengatakan bahwa Indonesia akan memberikan dukungan terhadap pencalonan Doreen sebagai Sekjen ITU.

"Amerika punya kandidat yang hebat, yang bagus, yang kami diskusikan dan kebetulan juga kita sudah mengenal dengan baik, dan kami Indonesia akan mendukung kandidat yang Amerika calonkan. Kalau boleh disebut namanya ibu Doreen Bogdan Martin," kata Johnny.

Dalam kesempatan itu, Johnny turut menyampaikan bahwa Amerika Serikat juga akan mendukung calon-calon Indonesia di ITU, termasuk di ITU Council Asia Pasifik.

Baca juga: Kominfo singgung digitalisasi pemilu saat bertemu KPU

"Selama ini memang kita sudah duduk di council tersebut, dan saya tadi mengusulkan juga kalau Amerika bisa untuk memberikan dukungan Indonesia di Radio Regulation Board untuk ITU," ucap Menkominfo.

Sementara itu, Sung Yong Kim mengapresiasi dukungan Indonesia untuk calon dari Amerika Serikat dalam pemilihan Sekjen ITU yang baru.

Dubes Sung mengatakan Doreen merupakan sosok yang berkualitas lantaran memiliki banyak pengalaman di organisasi internasional tersebut. Doreen menjabat sebagai Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi ITU.

"Dia sangat inklusif, dan dia akan memastikan untuk mendengarkan pendapat dan keprihatinan seluruh komunitas internasional, termasuk negara-negara berkembang, dan saya tahu bahwa dia berharap untuk bekerja dengan Indonesia, dengan Menteri dan timnya tentang bagaimana kita dapat membuat ITU lebih baik dan lebih kuat," kata Sung.

Baca juga: Menkominfo bahas perlindungan data pribadi dengan ITU

Baca juga: Path ditutup, Menkominfo: itu kompetisi

Baca juga: Kominfo beri dukungan teknis untuk e-katalog LKPP

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022