Jakarta (ANTARA) - Epson Indonesia mendukung upaya konservasi penyu di sejumlah wilayah di Indonesia sebagai langkah menjaga ekosistem laut dari kerusakan dan kepunahan.

"Ada beberapa tempat seperti di Bali, Pulau Merah, Gresik, dan Banyuwangi," kata Head of Finance and Corporate Services Epson Indonesia M Husni Nurdin dalam keterangan tertulis dikutip Senin.

Husni mengatakan tahun lalu Epson Indonesia memberi dukungan kepada komunitas penyu di Bengkulu serta melepaskan empat penyu dan ribuan anak tukik. Pada tahun ini, Epson berkontribusi di wilayah konservasi Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca juga: Epson sasar bisnis papan reklame lewat printer SC-R5030L

Dukungan konservasi penyu tersebut merupakan bagian dari program Epson yang fokus terhadap lingkungan. Konservasi penyu masuk dalam program restorasi laut Epson yang bekerjasama dengan pemuda, warga, bisnis, maupun komunitas lokal.

Dia mengatakan, dalam kegiatan di Banyuwangi, Epson Indonesia berkesempatan melepas 1.200 penyu kembali ke alam. Keberadaan penyu-penyu tersebut di masa depan diharapkan mampu mengembalikan kehidupan laut menjadi lebih baik dan kembali ke kondisi ideal.

Epson memiliki program yang berfokus pada lingkungan dengan nama Epson 2050. Pada tahun 2050 mendatang emisi karbon diharapkan bisa barada di angka nol, bahkan jika memungkinkan berada pada angka negatif.

Dia menyebut, pada 5-6 tahun program awal, Epson berfokus kepada peningkatan literasi dan sumber daya manusia terkait penciptaan lingkungan yang lebih baik.

Baca juga: Epson F10030, printer tekstil untuk bisnis UMKM

Kemudian, lima tahun ke belakang fokus Epson bergeser pada isu-isu lingkungan, seperti konservasi penyu, penyelamatan terumbu karang, serta pengurangan penggunaan emisi karbon.

"Tapi lima tahun terakhir, concern pada isu lingkungan karena bumi ini kan makin lama makin berat bebannya, dieksploitasi terus. Ada kebutuhan mengembalikan bumi ke kondisi yang lebih natural kembali," kata dia.

Sebagai langkah nyata dalam penyelamatan terumbu karang, Pada 22 Maret 2022 lalu Epson menyambangi Alor, Nusa Tenggara Timur. Konservasi terumbu karang diharapkan dapat mengembalikan keanekaragaman hayati laut yang telah rusak karena eksploitasi.

Baca juga: Epson hadirkan pembaruan perangkat robot SCARA All-in One seri T

Baca juga: Dukung UMKM fashion, Epson kenalkan printer kain Monna Lisa Evo Tre 16

Baca juga: Epson luncurkan Monna Lisa ML-64000

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022