Peningkatan penjualan telah mendorong peningkatan laba bersih pada 2021 sebesar 19,5 persen menjadi Rp144 miliar
Jakarta (ANTARA) - PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU), produsen keju cheddar terbesar di Indonesia dengan merek utama Prochiz, mencatatkan penjualan bersih senilai Rp1,04 triliun atau naik 8,4 persen pada 2021, meski menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

Mayoritas penjualan KEJU tersebut masih dalam produk keju blok yaitu sekitar 85,1 persen. Sisanya, dari keju lembaran 13,6 persen dan kategori lainnya 1,3 persen.

Direktur Utama KEJU Bobby K Gandasaputra dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, mengatakan perseroan bersyukur dapat melalui dua tahun pandemi dengan kinerja yang baik.

Menurut dia, penjualan bersih pada 2021 tersebut menjadi titik balik usai penurunan penjualan yang sempat dirasakan perseroan pada tahun pertama pandemi atau periode 2020.

Ia memaparkan peningkatan penjualan telah mendorong peningkatan laba bersih pada 2021 sebesar 19,5 persen menjadi Rp144 miliar, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp121 miliar.

"Kami masih melihat peluang pertumbuhan industri yang dahsyat ke depan. Dengan memegang misi kami untuk 'Memasyarakatkan Keju dan Mengkejukan Masyarakat', kami yakin setiap produk Prochiz akan memberi manfaat yang terbaik bagi setiap konsumen," kata Bobby.

Sementara itu, ekspor perseroan pada 2021 tercatat meningkat hingga 113 persen menjadi Rp66,9 miliar, dibanding periode yang sama tahun lalu. Penjualan ekspor menyumbang 6,4 persen dari total penjualan produk perseroan.

Secara keseluruhan total aset perseroan pada 2021 juga berhasil meningkat 13,7 persen menjadi Rp767,7 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu Rp674,8 miliar.

Sebelumnya, perseroan juga meluncurkan inovasi terbaru pada 2021 yakni Prochiz Gold Slice 2S dan Prochiz Gold Cheddar 60 gram. Untuk tahun ini, perseroan telah merumuskan sejumlah rencana guna menjaga kinerja.

Salah satu inovasi tersebut yakni peluncuran brand F&B keju pertama di Indonesia dengan nama K-JU, produk K-JU merupakan buah kemitraan dari Prochiz X Yummy Kitchen.

Selain itu, perseroan juga akan merilis dua produk baru Prochiz Cheddar Royale yang kaya akan vitamin A,D, E, protein, dan kalsium serta Prochiz Quick Melt Slice dengan melting properties yang tinggi sehingga akan cocok sebagai bahan roti isi.

Baca juga: K-JU by Prochiz padukan citarasa lokal dan internasional
Baca juga: Keju yang baik menurut pakar nutrisi
Baca juga: Apa bedanya keju alami dan keju olahan?

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022