Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan, tiga desa wisata di daerah itu mengikuti penilaian Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong, M Budianto dihubungi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan proses seleksi penilaian administrasi ADWI 2022 ini dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
(Kemenparekraf) sejak 18 Februari hingga 31 Maret 2022.

"Untuk sementara ini sudah ada tiga desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang lolos penilaian administrasi ADWI 2022, yakni Desa Belitar Seberang, Karang Jaya dan Desa Mojorejo," kata dia.

Sebelumnya desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang mengikuti seleksi untuk penilaian ADWI 2022 ada 10 desa wisata. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi yang bertahan tersisa tiga desa lagi.

Tiga desa yang masih bertahan tersebut, kata dia, memiliki potensi dan keunggulan masing-masing diantaranya Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, dengan Air Terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian hingga 87 meter.

Kemudian Desa Mojorejo, Kecamatan Sindang Kelingi, dengan "camping ground" dengan pemandangan Kota Curup yang indah serta Desa Karang Jaya dengan wisata agro serta keindahan Danau Mas Harun Bastari (DMHB).

Menurut dia, penilaian ADWI 2022 ini di antaranya berupa kebersihan lokasi wisata, organisasi pengelola lokasi wisata, ekonomi kreatif serta penyiapan sarana prasarana dan lainnya.

Dia berharap desa wisata yang mengikuti penilaian ADWI kali ini bisa menjadi yang terbaik di Tanah Air mengingat pada penilaian ADWI 2021 sudah ada Desa Belitar Seberang yang masuk dalam 100 besar.
Baca juga: Dispar Lombok Tengah harapkan desa wisata bangkit pasca-MotoGP
Baca juga: Mengintip Rejang Lebong surganya wisata alam Bengkulu

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022