Jakarta (ANTARA) - Ghana menjadi tim Afrika pertama yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia Qatar 2022 setelah bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Nigeria di Abuja Selasa (Rabu dinihari WIB) dalam laga playoff kualifikasi zona Afrika.

Ghana berhak atas tiket ke Qatar melalui aturan gol tandang setelah leg pertama pada Jumat lalu kedua tim bermain imbang tanpa gol. Ghana akan ambil bagian dalam Piala Dunia keempat mereka setelah tampil dalam tiga Piala Dunia berturut-turut antara 2006 dan 2014.

Seperti dilaporkan Reuters, Thomas Partey mencetak gol bagi Ghana pada menit ke-10 dengan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti, ketika bola menggeliat di bawa kiper Nigeria Francis Uzoho yang seharusnya bisa melakukan penyelamatan yang nyaman.

Nigeria menyamakan kedudukan melalui penalti saat Denis Odoi menabrak Ademola Lookman di dalam kotak, dan eksekusi William Troost-Ekong melesak keras di sudut atas gawang. Namun tuan rumah tidak dapat meraih kemenangan yang mereka butuhkan.

Nigeria telah lolos dalam enam dari tujuh Piala Dunia sebelumnya sejak Piala Dunia di Amerika Serikat pada tahun 1994, dan ketidakhadiran mereka dari turnamen tahun ini akan memicu penyelidikan dari otoritas sepak bola negara itu.

Dalam pertandingan di Stadion Moshood Abiola Abuja tersebut Ghana lebih banyak bertahan dan jarang mengancam gawang lawan setelah mencetak gol awal tersebut.

Nigeria sempat Nigeria mengira mereka berhasil mencetak gol kedua ketika Victor Osimhen membobol gawang Ghana, namun VAR menunjukkan dia telah offside.

Sejumlah peluang emas gagal membuahkan gol bagi Nigeria, di antaranya ketika sundulan Emmanuel Dennis melebar, dan tembakan salto Osimhen melewati tiang gawang.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022