Jakarta (ANTARA) - Model andalan terbaru dari DS dan Opel/Vauxhall akan segera diproduksi di pabrik Stellantis di Melfi yang berlokasi di Italia.

Dikutip dari CarsCoops, Rabu, kedua model ini nantinya akan didasarkan pada platform STLA Medium Stellantis yang telah dirancang untuk kendaraan premium dan terutama powertrain baterai-listrik.

Baca juga: CEO Stellantis sesumbar mampu saingi Tesla

Namun, platform itu juga senantiasa mendukung kendaraan dengan mesin pembakaran. Sementara powertrain dan spesifik tentang model DS dan Opel/Vauxhall baru belum diketahui, platform tersebut dapat menampung paket baterai mulai dari 87 kWh hingga 104 kWh dengan jangkauan hingga 440 mil (700 km).

Model baru dari DS dikenal secara internal sebagai D85 dan diharapkan akan dijuluki DS 9 Crossback. Nantinya kendaraan ini akan memiliki proporsi yang mirip dengan Citroen C5 X yang tersedia di China dan akan mencapai jalur produksi pada akhir 2024.

Model lainnya ini adalah Opel/Vauxhall baru. Saat ini hadir dengan nama kode OV85, model ini akan mengambil bentuk pengganti Insignia dan mendarat pada awal 2025.

Stellantis telah mengkonfirmasi akan membangun dua kendaraan listrik lainnya di lokasi Melfi. Salah satunya akan menjadi pengganti Crossback DS 7 yang akan mendarat pada akhir 2025 sementara Lancia juga akan membangun model baru di pabrik, yang disebut Aurelia.

Dokumen internal dari dalam Stellantis menunjukkan bahwa kendaraan-kendaraan ini akan dapat membangun setidaknya 90.000 unit setiap tahun antara tahun 2026 dan 2029.

"Melfi pada tahun 2024 akan memulai produksi empat model multi-merek listrik baru dan jalur perakitan khusus untuk paket baterai," kata juru bicara Stellantis dalam sebuah pernyataan.

Pabrik Melfi saat ini membangun Fiat 500X, Jeep Renegade, dan Jeep Compass yang total produksi seluruhnya mencapai 163.646 unit kendaraan pada tahun 2021.



Baca juga: LG - Stellantis siapkan usaha patungan baterai EV

Baca juga: Maserati luncurkan SUV Grecale

Baca juga: Ford dan Stellantis "recall" ratusan ribu mobil karena masalah wiper

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022