Tanjungpinang (ANTARA News) - Sejumlah pasukan TNI yang tergabung dalam operasi TNI Manunggal Membangun Desa ke-87 di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan membangun tujuh fasilitas umum yang tersebar di beberapa kelurahan daerah setempat.

Komandan Korem 033/Wirapratama, Kepulauan Riau, Kolonel Czi Adi Sudaryanto usai membuka secara resmi operasi TMMD ke-87 di Desa Dompak Lama Tanjungpinang, Senin, mengatakan pembangunan fasilitas umum disejumlah kelurahan itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Diharapkan dengan program TMMD bisa mewadahi kepentingan memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah pedesaaan," ujar Danrem.

Sementara itu, Pasintel Kodim 0315/Bintan, Kapten Prabowo menjelaskan, fasilitas umum yang akan dibangun itu diantaranya mck (mandi cuci kakus) di Kelurahan Dompak Lama dan di Kelurahan Senggarang.

Kemudian pembangunan dan pengadaan rumah genset di Dompak Lama, rehab taman pendidikan Al Quran (TPA) dan pembangunan Posyandu di Kelurahan Tanjung Unggat.

"Balai pertemuan juga kami bangun di Kelurahan Kampung Bulang dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti," kata Prabowo.

Menurut dia, proyek yang dikerjakan selama TMMD ke-87 tersebut diharapkan bisa selesai hingga 30 Oktober 2011 sesuai waktu pelaksanaan.

Tokoh masyarakat Dompak Lama, Muhidin mengatakan, operasi TMMD yang digelar di daerahnya dinilai sangat membantu terutama ketersediaan fasilitas umum.

"Kami bersyukur ada program TMMD, karena tidak semua program pemerintah daerah bisa kami rasakan. Kami berharap bisa langsung bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Selain melakukan pembangunan fisik, program TMMD juga melaksanakan pembangunan non fisik, diantaranya dengan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang kurang mampu.

Secara nasional, TMMD ke-87 dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Pramono Edhie Wibowo di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

TMMD ke-87 secara serentak digelar di 61 kabupaten/kota, 81 kecamatan dan 162 kelurahan/desa se-Indonesia.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011