Jakarta (ANTARA) - ​GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, meluncurkan program GoPlay Creator Fund dengan dana lebih dari Rp15 miliar yang bertujuan untuk membuka akses pendapatan berkelanjutan bagi para kreator dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreator di Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, GoPlay memiliki mimpi untuk menjadi rumah bagi para kreator konten lokal supaya dapat terus eksis berkreasi dan membuat konten positif, serta memperoleh pendapatan yang berkelanjutan.

Baca juga: LOKET hadirkan gelaran literasi investasi "Cuan Festival"

"Pendapatan yang berkelanjutan ini kuncinya. Misi itu yang dari awal tidak pernah berubah. Justru, kita terus memunculkan ide-ide inovatif supaya kita bisa terus mendukung kemajuan industri kreatif di Indonesia," ujar Edy saat virtual media gathering pada Rabu.

Berbeda dengan platform lainnya di mana kreator bergantung pada sponsor untuk memperoleh pendapatan, Chief Strategic Officer GoPlay Martinus Faisal mengatakan GoPlay mendorong skema creators economy sejak awal berdiri, di mana pendapatan yang diperoleh kreator tidak hanya dari brand, namun juga dari para penggemar.

Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kreator konten akan mendapat jumlah bonus sesuai dengan performa dari sisi frekuensi live di GoPlay, jumlah penonton, hingga bagaimana kreator dapat menemukan penggemar setia atau true fans dari komunitas penonton. Kemudian, akan ada rapor bulanan yang dikirimkan langsung kepada tiap kreator serta akses untuk instant withdrawal setiap bulan atau ketika show berakhir.

Baca juga: "Ini Dangdut" hadir di GoPlay tiap Sabtu

"Sejak pertama kali layanan livestream GoPlay hadir, kreator pemula berkesempatan memperoleh pendapatan langsung dari penonton melalui fitur virtual gift tanpa kriteria minimum tertentu​​. Lewat GoPlay Creator Fund, para kreator tidak hanya mengakses bonus bulanan, namun juga virtual gift dari true fans yang berpotensi semakin meningkat seiring dengan kedekatan kreator dengan para true fans mereka, bahkan true fans potensial lainnya," kata Faisal.

Selain itu, GoPlay juga akan menyelenggarakan beragam misi spesial dan pelatihan pembuatan konten livestreaming bagi seluruh kreator untuk memastikan bahwa konten yang dihadirkan berkualitas dan semakin interaktif dengan penonton.

Keuntungan-keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh kreator konten melalui program tersebut, di antaranya dukungan promosi kreator maupun iklan berbayar pada berbagai media channel GoPlay, dapat menggunakan studio rekaman GoPlay di Jakarta untuk kebutuhan livestreaming, tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, dan kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay.

"Lewat program ini, diharapkan lebih banyak lagi kreator dapat berkreasi sepenuhnya dalam menghadirkan tayangan yang interaktif, edukatif, dan menghibur para true fans mereka, jadi bukan sekedar konten yang viral," tutup Edy.



Baca juga: GoPlay hadirkan fitur "Live Games"

Baca juga: GoPlay adakan audisi virtual "girlband" skala besar

Baca juga: GoPlay hadirkan inovasi baru untuk "live streaming"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022