Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mencatat 133 ribu merchant  atau pedagang di Kepulauan Riau telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) hingga Maret 2022.

"Angka tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun 2021," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo yang berpartisipasi secara daring di Jakarta, Rabu, dalam Pembukaan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Wisata Indonesia (BWI), dan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) Kepulauan Riau 2022.

Maka dari itu, ia mengajak Kantor Perwakilan BI di Kepulauan Riau untuk memperluas QRIS hingga penggunaan BI-FAST guna mempercepat penyelesaian transaksi UMKM.

Biasanya, kata dia, UMKM memerlukan waktu selama dua hari dari penjualan sampai uang pindah ke rekening, namun dengan BI-FAST uang yang diterima UMKM akan langsung masuk ke rekening saat itu juga.

Bank sentral pun terus memperluas penggunaan QRIS dengan menargetkan tambahan 15 juta merchant yang menggunakan QRIS pada tahun ini. Angka itu meningkat dari target tahun sebelumnya, yakni 12 juta merchant.

Baca juga: BI targetkan tambahan 15 juta merchant UMKM gunakan QRIS tahun ini

Dengan demikian Perry Warjiyo menilai transformasi digital turut menjadi daya dukung UMKM di Tanah Air.

"Ini menjadikan UMKM tidak hanya go export, tapi juga go digital," ucapnya.

Ia pun berharap Gernas BBI dan BWI bisa menjadi kolaborasi yang sangat kuat untuk menyatukan berbagai kegiatan seperti seminar, forum diskusi, promosi pariwisata, investasi, dan perdagangan, serta business matching, termasuk diseminasi, edukasi, dan sosialisasi kepada publik.

BI terus mendukung keberhasilan Gernas BBI dan BWI sebagai langkah bersama dan sinergi mendukung kemajuan UMKM, sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung produk lokal menuju pasar global.

Baca juga: UMKM pengguna QRIS lebih dipercaya dapatkan pinjaman

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022