Jakarta (ANTARA) - YouTube akhirnya merilis fitur "picture-in-picture" secara khusus untuk pengguna iOS tepatnya untuk pengguna iPhone dan iPad yang sudah melakukan pembaruan iOS menjadi iOS 15.

Fitur itu sebelumnya dijanjikan oleh Chief Product Officer YouTube Neal Mohan mengingat fitur itu sudah berhasil diterapkan dan digunakan oleh para pengguna Android.

Dikutip dari The Verge, Kamis, fitur "picture-in-picture" memungkinkan pengguna untuk dapat terus menyaksikan video atau konten dari YouTube meski pengguna keluar dari aplikasinya.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pekerjaan lebih dari satu meski perangkat pintar pengguna hanya ada satu.

Misalnya pengguna bisa menonton video tayangan langsung permainan olahraga, namun di saat bersamaan pengguna juga bisa membuka aplikasi media sosialnya untuk melihat secara langsung reaksi penonton lain yang menyaksikan tayangan yang sama.

Tentunya ini menjadi fitur yang berguna apalagi bagi para pengguna iOS yang akhirnya bisa menikmati fitur serupa dengan para pengguna Android.

Kabarnya fitur ini akan hadir untuk pengguna YouTube baik yang berlangganan secara premium maupun yang tidak berlangganan,

Meski demikian untuk tahapan uji coba hingga 8 April 2022, Apple melakukan pengujian terlebih dahulu pada pengguna berlangganan.

Fitur ini baru akan hadir di Amerika Serikat tapi tentunya diharapkan bisa dirilis secara global.


Baca juga: YouTube tambahkan fitur transkripsi di aplikasi Android

Baca juga: Adopsi gaya TikTok, YouTube hadirkan fitur siaran langsung "Live Ring"

Baca juga: YouTube pertimbangkan fitur NFT untuk kreator

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022