mutu akademik menjadi poin utama dalam pemilihan Rektor Itera tahun ini
Bandarlampung (ANTARA) - Enam dosen yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi ditetapkan maju sebagai bakal calon rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) periode Tahun 2022-2026.

"Hingga ditutup 30 Maret 2022, ada sembilan orang yang mendaftar. Namun, setelah diverifikasi oleh panitia, hanya enam orang pendaftar yang memenuhi seluruh persyaratan, dan ditetapkan sebagai Bakal Calon Rektor Periode Tahun 2022 – 2026 oleh Senat Itera," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Itera Tahun 2022, Dr. Eng., Lukman Nulhakim, S.Si., M.T, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Kamis.

Enam kandidat yang ditetapkan sebagai Bakal Calon Rektor Itera Periode Tahun 2022 – 2026, yaitu Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T., yang bertugas di Program Studi (Prodi) Teknik Geologi, Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Prodi Sains Komputasi, Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, dari Prodi Mikrobiologi, Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward dari Prodi Teknik Telekomunikasi, Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., dari Prodi Teknik Industri dan Prof. Dr.-Ing. Ir. Suhardi, M.T. dari Prodi Informatika.

Baca juga: Itera luncurkan mobil desa berbahan bakar minyak sawit murni
Baca juga: Itera-Pekanbaru kembangkan kawasan Metropolitan Pekan Sikawan

Para calon rektor yang telah ditetapkan tersebut, kemudian akan dipangkas menjadi tiga calon rektor, setelah mereka menyampaikan visi dan misinya di hadapan senat, sivitas akademika, stakeholder, dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Dari enam bakal calon rektor ini, Senat Itera akan menetapkannya menjadi tiga calon rektor dan menyampaikan hasil tahap penyaringan ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, pemungutan suara dan penetapan calon rektor terpilih dijadwalkan pada 12 Mei 2022. Rangkaian Pemilihan Rektor akan ditutup dengan agenda penetapan dan pelantikan rektor terpilih yang dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

“Mewakili panitia, kami menyampaikan terima kasih kepada para pendaftar para putra terbaik bangsa yang ikut berpartisipasi menjadi bakal calon Rektor Itera,” ujarnya.

Baca juga: Institut Teknologi Sumatera buka dua program studi baru
Baca juga: Kebun Raya Itera jadi tempat konservasi tanaman identitas Sumatera

Ketua Senat Itera Prof. Sukrasno, M.S., menyampaikan, Pemilihan Rektor Itera Tahun 2022 merupakan agenda penting untuk memilih pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi perguruan tinggi ini.

Ia mengungkapkan bahwa tugas utama yang selama ini diemban Itera adalah melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas, khususnya di bidang sains dan teknologi, untuk membangun Sumatera, Indonesia, dan dunia.

“Berbagai program untuk peningkatan kualitas pendidikan dan mutu akademik menjadi poin utama dalam pemilihan Rektor Itera tahun ini. Sebab, mutu akademik adalah kunci untuk Itera dapat menunaikan tugas yang diemban,” kata dia.

Baca juga: Itera permudah mahasiswa mengakses buku dengan e-library

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022