Suatu lingkungan kerja yang membangun relasi yang lebih baik di antara segenap keluarga BAKTI Kominfo
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate meminta Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk bisa lebih inovatif dan produktif dengan smart office bersamaan dengan momentum kepindahannya ke kantor baru.

“Hal yang ingin saya ingatkan untuk kita semuanya, berpindah ke gedung yang baru tentu ada harapannya. Harapan yang pertama pasti ada satu lingkungan kerja baru, satu lingkungan kerja yang menghasilkan kreativitas, inovasi, dan inisiatif yang baru atau lingkungan kerja yang mampu yang menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi,” ujarnya saat Peresmian Kantor BAKTI Kominfo seperti dikutip dari siaran persnya, Kamis.

Johnny menyebut BAKTI Kominfo memiliki tugas dan peran yang tidak mudah dalam menjawab tantangan era teknologi digital.

Baca juga: BAKTI Kominfo umumkan pelaksana proyek "Hot Backup Satelite"

Oleh karena itu, dengan lingkungan kerja yang baru diharapkan akan meningkatkan produktivitas yang lebih baik sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi.

“Suatu lingkungan kerja yang membangun relasi yang lebih baik di antara segenap keluarga BAKTI Kominfo, suatu lingkungan kerja yang saat ini dikenal sebagai smart office, suatu lingkungan kerja yang menghasilkan, sekali lagi, hasilnya adalah produktivitas dan efisiensi untuk kepentingan penyelenggaraan pembangunan negara kita,” ujarnya.

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan pemerataan infrastruktur digital di seluruh Indonesia, Johnny mengharapkan tugas besar BAKTI Kominfo harus dilaksanakan dengan baik terutama dalam melewati tantangan di semua aspek.

Meski banyak tantangan, BAKTI Kominfo membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni agar bisa membangun komponen teresterial dengan tantangan geografi yang luar biasa.

Selain tantangan kompleksitas teknologi dan kondisi geografis, pembangunan infrastruktur digital di Indonesia juga mendapatkan tantangan keamanan.

Baca juga: BAKTI Kominfo resmikan kerja sama layanan seluler 4G wilayah 3T

Ia merinci mulai dari COVID-19, malaria, disentri, kolera hingga penyakit tropis lain karena lokasi site infrastruktur berada di wilayah yang jauh dari pusat kota.

Meski demikian, Johnny berharap para talenta di BAKTI Kominfo bisa tetap nyaman dengan pekerjaannya berkat kehadiran iklim kerja yang kondusif.

“Semuanya membutuhkan daya tahan dan membutuhkan mental yang tinggi. Tantangan keamanan yang tidak sedikit, tantangan sosial dan kultural yang tidak sedikit, mengorbankan perasaan, mengorbankan fisik bahkan nyawa diperhitungkan, ini penuh komitmen yang kuat. Untuk tugas yang sebesar itu, dibutuhkanlah kenyamanan. Nah, salah satu yang disediakan oleh direksi BAKTI adalah lingkungan kerja yang nyaman,” ujar Jhonny.

Menurut Menteri Johnny, kenyamanan dalam suasana fisik maupun dalam model baru melalui smart office termasuk salah satu faktor yang meningkatkan produktivitas kerja.

Tentunya ia berharap lingkungan baru itu bisa semakin nyaman untuk para talenta dengan suasana kekeluargaan di antara para pegawai BAKTI.

“Saya berharap pada smart office ini, sehingga efisiensi itu bisa kita betul-betul capai, produktivitas bisa kita tingkatkan. Semuanya melalui kerja keras,” tutupnya.

Baca juga: BAKTI Kominfo borong empat penghargaan ajang PRIA 2022

Baca juga: BAKTI berupaya tutup kesenjangan digital Indonesia

Baca juga: Menkominfo beri penghargaan pada sembilan pejuang telekomunikasi Papua

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022