Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng kerjasama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melaluinya penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan dan pemanfaatan layanan serta produk perbankan syariah.
 
"Dengan adanya kerjasama ini, Bank Syariah Indonesia berharap bisa menjadi partner dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia untuk pengembangan ekspor melalui pembiayaan berbasis syariah, pendanaan maupun transaksi digital," kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam keterangan resmi, Jumat.
 
BSI siap mendukung bisnis syariah LPEI untuk mempercepat dan mentransformasi transaksi ekspor dengan menyediakan layanan perbankan seperti manajemen kas, pembuatan virtual account, pembuatan akun Devisa Hasil Ekspor (DHE), jasa perbankan terkait perdagangan, serta layanan ritel lain yang memudahkan nasabah LPEI untuk bertransaksi secara cepat, aman, dan sesuai prinsip syariah.
 
Lebih lanjut BSI mengatakan mendukung potensi industri halal sebagai segmen yang harus terus dikembangkan, terutama dari sisi ekspor yang memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara.

Baca juga: Erick Thohir dorong BSI untuk bangun kembali industri halal Indonesia
 
"Selain itu, dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat mendukung peran LPEI dalam transaksi ekspor nasional," katanya.
 
Dalam kesempatan ini juga dilakukan perjanjian kerjasama akad pembiayaan wholesale senilai Rp 3 triliun yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis LPEI.

Baca juga: Erick Thohir: Ada peluang kerjasama strategis antara BSI dengan IsDB
 
Sebagai gambaran per Desember 2021 lalu kinerja pembiayaan BSI tumbuh positif sebesar sebesar 9,32 persen year on year dan diharapkan adanya kerjasama ini mampu mendorong pertumbuhan bisnis dari seluruh aspek.
 
Sementara itu, Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso berharap kerja sama dengan BSI dapat semakin mendukung LPEI dalam menjalankan perannya sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI dalam meningkatkan ekspor nasional.
 
Pihaknya juga optimis BSI akan mendukung LPEI dalam mengoptimalisasi pembiayaan ekspor khususnya di sektor syariah

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022