Jakarta (ANTARA) - Aktris Indah Kusuma mengatakan menyantap hidangan kolak menjadi salah satu momen yang ia rindukan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, panganan ini juga menjadi menu favorit yang ia tunggu-tunggu selama Ramadhan.

"Favoritku kolak, makanan yang kayaknya harus dimakan sebelum makanan berat lainnya, kalau aku, ya. Jadi kayak makanan pembuka yang manis-manis dan hangat, aku kangen sama kolak," kata perempuan yang akrab disapa Indahkus saat ditemui wartawan di Jakarta, ditulis Jumat.

Baca juga: Tips dokter persiapkan diri jelang puasa Ramadhan

Indah mengaku dirinya menyukai kolak jenis apapun, seperti yang dibuat dari pisang atau ubi. Baginya, semua jenis hidangan terasa lezat di lidah mengingat dirinya tidak memiliki kemahiran untuk memasak. Selain santap kolak, Indah juga merindukan suasana atau momen jelang menunggu berbuka puasa.

"Kolak apa saja. Aku nggak bisa masak, jadi semua makanan itu enak dan enak banget," tuturnya.

Untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah puasa, menurut Indah, penting untuk mengatur menu makanan saat sahur dan berbuka puasa agar gizi harian tetap seimbang dan terpenuhi.

"Tetap harus cukup aja gizinya. Jadi nggak boleh terlalu berlebihan, tapi juga jangan dikit-dikit karena akan lapar. Yang penting cukup memenuhi gizi harian," ujar perempuan lulusan ilmu kedokteran itu.

Jelang Ramadhan hari pertama dan momen Idul Fitri mendatang, Indah mengatakan dirinya berencana untuk mengunjungi keluarga terdekat di Bandung yang hanya menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Jakarta.

Ia berharap Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini masyarakat bisa bersilaturahmi dalam situasi yang mendekati normal dengan menerapkan protokol kesehatan tertentu sehingga dapat lebih aman dan nyaman, mengingat tahun ini situasi pandemi sudah mulai terkendali.

"Aku harap kalau teman-teman semua ingin bersilaturahmi, mungkin sekarang sudah bisa buka puasa di luar, mungkin juga sudah bisa mudik dengan prokes-prokes tertentu. Dijalani saja (prokes itu) karena kita nggak tahu kapan kita akan ketemu lagi sama orang yang kita cintai," kata aktris yang membintangi serial "Assalamualaikum Calon Imam" musim kedua itu.

Baca juga: Arie Kriting terbiasa masak sahur untuk Indah Permatasari

Baca juga: Makan sahur jadi kunci busui bisa lancar menyusui selama berpuasa

Baca juga: Luna Maya akan jalankan ibadah puasa tahun ini di Amerika

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022