Jakarta (ANTARA) - Mengasuh anak bukan tugas mudah bagi setiap orangtua, begitu pula yang dirasakan oleh aktris dan model Kimberly Ryder. Ibu dari dua anak ini memanfaatkan pekerjaan sebagai jeda dari kesibukan membesarkan anak.

"Kerja itu me time untukku, ada waktu away dari anak," kata Kimberly dalam konferensi pers daring, Kamis (31/3).

Baca juga: Kimberly Ryder nikahi keponakan Tamara Blezynski; Edward Akbar

Mengutip kalimat "absence creates fondness", berjauhan dengan anak selama beberapa jam tak cuma jadi me time, tetapi membuatnya lebih kangen dengan anak-anak. Apalagi, dua anaknya sedang berada dalam usia yang menggemaskan. Anak pertamanya berusia 2,5 tahun, sementara si bungsu baru menginjak 1,5 tahun.

Sebagai orangtua, tentu saja dia sering merasa pusing ketika anak sedang rewel. Bicara soal anak bungsu yang masih kecil, penyebab rewel lebih mudah ditebak, biasanya karena lapar dan ingin menyusui. Mencari tahu penyebab rewel anak sulungnya lebih menantang, kadang alasannya adalah hal yang sepele.

"Kadang bikin pusing makanya aku butuh me time," ungkap Kimberly.

Untungnya dia dikelilingi lingkungan yang mendukung. Meski tidak mempekerjakan pengasuh, ada suami atau ibu yang siap membantu, begitu pula asisten rumah tangga yang turun tangan kala dia merasa kewalahan.

"Kalau lagi capek banget, jangan sungkan minta tolong orang lain," katanya.

Psikolog Saskhya Aulia Prima mengatakan, penting bagi ibu untuk punya lingkungan yang mendukung, seperti suami yang berbagi tugas untuk mengasuh anak, atau bantuan dari anggota keluarga lain demi kesehatan mental orangtua.

Sebab, menenangkan anak yang rewel hanya bisa dilakukan saat orangtua dalam keadaan yang tenang.


Baca juga: Merasakan makna persahabatan dalam "Koki-koki Cilik 2"

Baca juga: Pentingnya jalani gaya hidup seimbang bagi Nana Mirdad

Baca juga: Agar "me time" ibu efektif meski hanya lima menit

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022