Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) terus menunjukkan komitmennya untuk menanggulangi polusi udara yang ada di Indonesia, yang dihasilkan oleh mesin kendaraan bermotor.

Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy mengungkapkan bahwa enam produk yang dipasarkan di Indonesia dengan menggunakan mesin diesel semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro 4 pada April ini.

"Toyota sangat mengapresiasi kebijakan ini untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Dengan diimplementasikannya standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia," ungkap Anton Jimmi Suwandy secara virtual, Jumat.

Baca juga: Pertamina sediakan bahan bakar standar Euro IV mulai Agustus

Model kendaraan yang menggunakan mesin diesel dari Toyota diantaranya adalah, tiga model kendaraan penumpang yaitu Fortuner, Kijang Innova, dan Land Cruiser, sedangkan tiga model lainnya adalah kendaraan komersial yaitu Hilux, Hiace dan Dyna.

Hal ini guna mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri LHK No. S786/MENLHK-PPKL/ SET/PKL.3/5/2020, di mana per April 2022 semua kendaraan berbahan bakar diesel yang diproduksi dan beredar di Indonesia diwajibkan memenuhi standar emisi Euro 4.

Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan, maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Untuk Euro 4, kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 miligram per kilometer. Sedangkan untuk kendaraan diesel batas nitrogen oksida adalah 250 miligram per kilometer dan 25 miligram per kilometer untuk diesel particulate matter.

Sebelumnya, PT TAM telah memperkenalkan kendaraan konsep kijang Innova Listrik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung pada 31 Maret hingga 10 April 2022.

Baca juga: Lebih hemat solar, Isuzu yakin penjualan naik berkat Euro 4

Baca juga: Isuzu bekali mekanik pengetahuan teknis mesin "common-rail" Euro 4

Baca juga: UD Trucks pastikan ikuti standar Euro4 pada April 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022