Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Lyodra Ginting dan Mahalini Raharja didapuk menjadi duta merek produk perawatan kulit wajah lokal, Implora. Keduanya pun membagikan rutinitas mereka dalam mengaplikasikan produk perawatan kulit wajah.

Lyodra yang memiliki jenis kulit kombinasi kering dan berminyak mengaku belum berani menggunakan serum wajah yang terlalu "berat" dan berlapis-lapis.

"Mungkin karena aku masih muda jadi pakai skincare belum butuh yang berlapis-lapis. Tapi intinya ketahui dulu jenis kulit dan kebutuhannya apa," kata Lyodra dalam gelar wicara daring pada Jumat.

Mengaplikasikan produk skincare mulai dari yang berkonsentrasi cair lalu ke produk yang lebih kental menjadi patokan Lyodra.

"Aku cuci muka dulu, lalu pakai serum dan terakhir pakai sunscreen," katanya.

Baca juga: Urutan memakai produk "skincare" yang tepat

Baca juga: Kandungan glycolic acid sebaiknya tak dipadukan bahan exfoliant lain


Lyodra juga mengingatkan agar tidak menggunakan skincare hanya karena mengikuti tren.

"Kan sekarang lagi tren retinol, jangan ikut-ikutan pakai, padahal kulit kita enggak butuh itu, siapa tahu butuhnya misalnya cuma vitamin C."

Lebih lanjut Lyodra mengatakan kecantikan sebenarnya akan terpancar dari dalam diri.

"Kalau kita percaya diri dengan apa yang kita punya, orang juga akan menganggap kita cantik. Jangan bandingin dirimu dengan orang lain tapi bandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu yang dulu."

Meski demikian, Lyodra mengingatkan agar kita tidak terlalu percaya diri, "maksudku jangan ke-PD-an dan diam di tempat enggak ngapa-ngapain juga. Kita tetap harus merawat diri dari luar juga."

Dia menambahkan bahwa dirinya sampai saat ini pun masih merasa kulitnya tidak sempurna, masih memiliki flek-flek bekas jerawat yang kadang membuatnya rendah diri.

"Tapi aku menerima diriku, aku sayangi diriku. Itu yang penting."

Penyanyi lagu "Pesan Terakhir" itu mengatakan selain rajin merawat kulit dengan produk skincare, menjaga asupan makan, jam tidur serta mengelola stres bisa membantu menyehatkan kulitnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mahalini yang memiliki jenis kulit cenderung berminyak mengaku menyukai skincare routine yang lebih simpel.

"Aku biasanya cuci muka, lalu serum dan moisturizer itu kucampur jadi satu lalu tap tap di muka, sudah. Aku suka yang cepat dan menurutku dengan cara itu jadi lebih meresap ke kulit," katanya.

Tak ketinggalan, Mahalini merekomendasikan untuk senantiasa mengaplikasikan tabir surya, sunscreen, sebagai pelindung dari paparan sinar UV matahari.

"Apapun skincare-nya, obatnya cuma satu deh, pakai sunscreen. Itu ngaruh banget."

Pelantun lagu "Sisa Rasa" itu mengatakan ada hal yang lebih penting dari menjaga kecantikan fisik yakni membangun kepercayaan diri dengan menjaga kecantikan dari dalam diri.

"Kalau kita percaya dengan diri sendiri, mau pakai apa saja pasti cantik. Misalnya kalau aku mau manggung lalu dikasih baju tapi aku sudah menilai enggak suka dengan bajunya, selanjutnya aku akan kelihatan jelek aja," kata dia.

Baik Lyodra maupun Mahalini mengandalkan serum Implora 24K Gold yang berfungsi melembapkan kulit dan diklaim mengandung serpihan emas.

Baca juga: Tanda "skin barrier" kulit rusak dan kiat memperbaikinya

Baca juga: Waktu tepat gunakan "skincare" kosmetik pada jerawat menurut dokter

Baca juga: Dampak WFH, Garnier ungkap pria kini menjadi lebih peduli penampilan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022