Bukittinggi (ANTARA) - Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Bukittinggi di Biaro, Sumatera Barat, menyatakan diri sebagai mualaf menjelang Ramadhan tahun ini.

Warga Binaan dengan nama Bungaram Sibarani mengucapkan syahadat yang dipimpin oleh Kepala KUA setempat, Khairul untuk menyatakan kepindahan keyakinannya di Mushala Lapas Kelas IIA Biaro, Jumat.

"Saya tidak merasa dipaksa atau terpaksa, ini keinginan kemauan saya sendiri sejak lama, saya merasa sejuk dan nyaman dalam Islam, saya sudah sedikit belajar agama ini dan cara ibadahnya," kata Bungaram.

Bungaram yang berasal dari Sumatera Utara dan telah lama berdomisili di Kota Bukittinggi mengatakan dirinya pindah keyakinan juga telah seizin dari keluarganya.

Baca juga: Clarence Seedorf resmi jadi mualaf

Baca juga: Masjid Raya Baiturrahman Denpasar Bali miliki Pusat Muallaf


Pria 52 tahun dan sudah memiliki lima orang anak itu dibantu berwudhu dan selanjutnya mengucapkan syahadat meski dengan sedikit terbata-bata disaksikan puluhan Warga Binaan lainnya.

Bungaram juga mengubah namanya menjadi Muhammad Ramadhan sesuai keputusan dan saran dari warga binaan dan saksi yang hadir.

Bertindak sebagai fasilitator dengan kepindahan agama WBP ini adalah seorang pengacara terkenal di Kota Bukittinggi, Armen Bakar

"Kami hanya memfasilitasi berdasarkan informasi yang kami terima tentang kemauan seorang WBP yang ingin menjadi Mualaf, kami bantu segala kepengurusan surat izin keluarga dan administrasi lain hingga khitan gratis," kata Armen.

Dia juga menggandeng komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) yang dikenal aktif melakukan aksi sosial di Bukittinggi Agam.

"Alhamdulillah S3 membantu menyediakan pakaian Muslim untuk Bungaram dan beberapa sarana ibadah, juga ratusan nasi bungkus bagi WBP lain," kata dia.

Ia mengatakan proses membantu pengurusan mualaf warga binaan telah dilakukan sejak tiga tahun terakhir yang dilatarbelakangi ibadah.

"Hanya ingin menjadi ibadah, kami mungkin orang baik tapi ingin berbuat dan menjadi orang baik," katanya.

Sementara Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten mengatakan terimakasih atas bantuan semua pihak yang melakukan proses pemindahan agama dan mengimbau warga binaan lain membantu pembelajaran awal Bungaram.

"Kami dari Lapas tentunya berupaya memfasilitasi, terimakasih atas bantuan semua pihak dalam kepengurusan, kepada warga binaan lain, kita minta untuk membantu dalam tata cara beribadahnya," katanya.*

Baca juga: Baznas Yogyakarta salurkan bantuan modal untuk mualaf

Baca juga: Gandeng Singapura, Dangsanak bedah rumah mualaf di Pegunungan Meratus

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022