Tanjung Kelayang, Belitung (ANTARA News) - Wakil Presiden, Boediono mencanangkan penanaman 1.000 pohon bakau dalam kunjungan kerja serangkaian acara penutupan "Sail Wakatobi Belitong 2011" di Taanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Kamis.

Pencanangan 1.000 pohon bakau tersebut Wapres didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Menhan, Panglima TNI, Kasal, Kasau dan Gubernur Bangka Belitung, beserta jajarannya menanami bibit pohon bakau di sepanjang Pantai Tanjung Kelayang.

Masing-masing tamu undangan penutupan Sail Wakatobi Belitong menanami satu batang pohon bakau.

Selain tamu udangan, terlihat juga warga sekitar pantai tersebut ikut menanami bibit bakau tersebut.

Direktur Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Subandono Diposaptono, saat penanaman bibit bakau menyatakan,penanaman pohon bakau ini merupakan untuk melestarikan kembali hutan bakau, sekaligus mencegah berbagai bencana alam sebagai dampak kerusakan hutan bakau.

"Saat ini, hutan bakau di hampir seluruh daerah pesisir Indonesia rusak karena aktivitas manusia seperti penebangan liar, penambangan, alih fungsi lahan menjadi pemukiman dan lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, kerusakan hutan bakau tersebut memicu terjadinya pemanasan global, banjir, tsunami, terganggunya keletarian biota laut dan lainnya yang merugikan warga pesisir pantai.

"Penanaman bakau ini, tidak berhenti begitu saja, tetapi terus digalakan untuk menekan terjadinya bebagai bencana alam dan pencemaran lingkungan pesisir," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diimbau pada seluruh masyarakat di sekitar pesisir untuk dapat bersama-sama menjaga kelestarian hutan bakau.

Selain itu, pihaknya bersama dengan Badan lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, pemerintah daerah mengupayakan proses konservasi dan rehabilitasi ekosistem mangrove di pesisir pantai.
(ANT-040/F002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011