Jakarta (ANTARA) - Open spiker Rivan Nurmulki dijadwalkan akan bergabung ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam pada akhir April karena saat ini masih bermain di Liga Jepang bersama tim Nagano Tridents.

“Saya baru bisa kembali ke Indonesia akhir April, karena masih bermain dengan klub saya di Liga Jepang,” kata Rivan dalam keterangan resmi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ( PP PBVSI), Sabtu.

Rivan adalah satu dari 14 pemain yang dipanggil PP PBVSI untuk masuk skuad Merah Putih menghadapi SEA Games Hanoi. Dalam surat nomor 152/PP.PBVSI/III/2022 perihal Pemanggilan Atlet dan Pelatih Bola Voli Indoor Putra, pelatnas mulai berjalan di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 1 April.

Baca juga: PBVSI panggil 14 pevoli putra untuk masuk pelatnas SEA Games Hanoi
Baca juga: PBVSI tunjuk pelatih asal China untuk timnas bola voli putra


Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI Heyzer Harsono pun meminta Rivan pulang lebih cepat. Pihaknya pun akan bersurat ke klub asal Negeri Sakura itu.

“Kami akan tulis surat ke klubnya di Jepang agar mengizinkan Rivan pulang lebih cepat. Tidak mungkin dia hanya berlatih bersama selama satu pekan jelang SEA Games,” kata Heyzer.

Setelah menjalani pelatnas, tim bola voli putra Indonesia rencananya bertolak ke Vietnam pada 8 atau 9 Mei. Sementara pembukaan SEA Games Hanoi dilakukan pada 12 Mei.

Rivan adalah pemain andalan Indonesia dalam berbagai multievent. Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, dia turut andil membawa Indonesia meraih medali emas setelah pada final mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, 25-17).

Baca juga: Pevoli Rivan Nurmulki resmi perpanjang kontrak dengan tim asal Jepang

Selain Rivan, skuad Indonesia untuk SEA Games Hanoi juga dihiasi wajah lama yang pada 2019 tampil di Filipina. Mereka adalah Dio Zulfikri, Doni Haryono, Fahreza Rakha Abhinaya, Dimas Saputra, Nizar Zulfikar, Rendy Febriant Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Selain itu ada juga nama lainnya seperti M. Malizi, Farhan Halim, Mauluddani Daffa Naufal, Irpan, dan Fahri S. Putratama.

Sementara itu untuk posisi Pelatih Kepala, PBVSI memanggil Jiang Jie asal China yang menjadi pelatih terbaik yang sukses membawa tim debutan Bogor LavAni juara pada gelaran PLN Mobile Proliga 2022.

Dia akan dibantu dua asisten pelatih yakni Sigit Ari Widodo yang membawa Surabaya Bhayangkara Samator ke final Proliga 2022 dan Indra Wahyudi. Selain itu ada nama Roy Nanlohy sebagai trainer dan Robby Sudrajat sebagai pelatih fisik.

Baca juga: Timnas bola voli putra tanpa uji tanding jelang SEA Games Hanoi
Baca juga: PBVSI akhirnya panggil 12 pevoli putri untuk SEA Games Hanoi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022