... segera memberi memberi bantuan kepada negara-negara sahabat sama halnya seperti saat negara-negara sahabat memberi bantuan kepada Indonesia...
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia sangat bersimpati terhadap bencana alam yang tengah terjadi di Kamboja, Laos, dan Thailand, yang dikabarkan telah menghilangkan 500 jiwa secara keseluruhan. Indonesia pernah dibantu saat terkena bencana dan kini giliran Indonesia membantu.

"Saya telah mengambil  langkah korektif tentang hal ini. Indonesia sangat bersimpati dan segera memberi memberi bantuan kepada negara-negara sahabat sama halnya seperti saat negara-negara sahabat memberi bantuan kepada Indonesia," kata Presiden Susilo B Yudhoyono, di kediaman pribadinya, di Cikeas, Kabupaten Bogor, Kamis petang.

Saat memberi keterangan kepada pers itu, Yudhoyono didampingi Menteri Luar Neger, Marty Natalegawa. Yudhoyono sejak beberapa hari belakangan ini tengah sibuk menentukan nama-nama baru yang akan dia masukkan ke dalam daftar perombakan kabinetnya.

"Indonesia juga memastikan bantuan yang diberikan indonesia tepat sesuai sasaran, sedang dirumuskan. Menteri Luar Negeri tengah bekerja tentang itu," kata Yudhoyono. Indonesia menjadi ketua ASEAN pada tahun ini dan akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN di Bali, pada November nanti.

Thailand merupakan negara ASEAN yang kali ini paling parah terkena bencana banjir bandang, terutama di Provinsi Chiang Mai. Rendaman banjir dilaporkan sudah merusak infrastruktur setempat sedemikian rupa, juga menimbulkan penyakit. (ANT)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011