Jakarta (ANTARA) - Sudah 25 tahun sejak serial animasi (anime) "Pokémon" ditayangkan perdana di televisi Jepang.

Untuk merayakan momen penting tersebut, akun Twitter resmi untuk anime itu merilis video manis yang melihat kembali perjalanan sang lakon utama, Ash, sejauh ini dan para kawan Pokémon yang dia buat di sepanjang jalan.

Anime "Pokémon" ditayangkan perdana pada 1 April 1997, di TV Tokyo, dan berlanjut hingga hari ini.

Baca juga: Museum fosil Hokkaido kolaborasi dengan Pokemon

Acara tersebut mengalami hambatan pada bulan Desember 1996 ketika sebuah episode yang menampilkan Porygon yang diserang oleh Pikachu menyebabkan lebih dari 600 anak-anak Jepang mengalami kejang, seperti dikutip dari Crunchyroll dan AnimenewsNetwork pada Minggu.

Serial ini kembali pada April 1998 dan ditayangkan hampir setiap minggu di Jepang hingga 2020, ketika COVID-19 menyebabkan produksi dihentikan dan episode ditunda.

Serial yang telah berjalan lama ini disebut telah berpengaruh pada animasi di seluruh dunia dan bagi banyak orang merupakan serial anime pertama mereka.

Ash kembali ke wilayah Kalos favorit penggemar anime di episode spesial "Pokémon Journeys" berdurasi satu jam pada 1 April lalu, dengan Bonnie dan Clemont membuat reuni yang telah lama ditunggu-tunggu dengan Ash dan Goh.

Anime "Pokémon" terbaru, "Pokémon Journeys", mengudara di Jepang setiap hari Jumat di TV Tokyo.

Netflix merilis serial "Pokémon" di Amerika Utara, dengan batch terbaru yang diunggah pada 21 Januari berjudul "Pokémon Master Journeys", dengan 86 episode dari 101 episode yang saat ini disiarkan di Jepang.

Konten tersebut saat ini tersedia dalam bahasa Inggris. Batch episode berikutnya akan dirilis pada Maret 2022, meskipun belum ada tanggal yang dikonfirmasi sampai sekarang.

Baca juga: Penggemar Tamagochi dan Pokemon kini miliki Ekosistem Game NFT

Baca juga: Pokemon GO ditarik dari Rusia dan Belarusia

Baca juga: Uniqlo akan luncurkan koleksi Pokemon khas Duo Magma

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022