kami mempermudah masyarakat Jambi untuk mengakses buku-buku di aplikasi iJambiKota
Jambi (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi menggelar kegiatan literasi mendongeng untuk 100 anak di kawasan Danau Sipin Kota Jambi dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi untuk semua masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, Arzhi Effendi di Jambi, Minggu.

Harapannya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Baca juga: Hari Dongeng Sedunia, Sea World Ancol hadirkan cerita singa dalam laut

Hari Dongeng Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Maret. Hari Dongeng Sedunia bermula di Swedia pada 1991. Pada 1997, perayaan untuk para pendongeng telah menyebar ke Australia dan Amerika Latin. Kemudian pada 2009, untuk pertama kalinya dilakukan di enam benua pada 20 Maret. Tanggal itu kemudian menjadi Hari Dongeng Sedunia.

Arzi mengatakan Kegiatan tersebut direncanakan menjadi agenda rutin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi sebagai upaya literasi kepada anak-anak.

Ia mengatakan tingkat literasi di Kota Jambi sangat kurang, tapi anak-anak remaja banyak membaca melalui internet, telepon selular dan lain-lain.

Baca juga: Rumah Dongeng Seloko Jambi gelar mendongeng bareng di 11 titik

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi juga memiliki aplikasi iJambiKota untuk meningkatkan literasi masyarakat. Masyarakat dapat membaca melalui gadget.

Ada 1.860 jenis buku termasuk konten lokal yang dapat dibaca termasuk buku anak-anak di dalam aplikasi iJambiKota,

“Jadi kami mempermudah masyarakat Jambi untuk mengakses buku-buku di aplikasi iJambiKota, selain itu kita juga menyediakan buku fisik di perpustakaan kota,” kata Arzi.

Camat Danau Sipin, Ririe yang juga menghadiri kegiatan ini berterima kasih karena penyelenggaraan kegiatan ini di kawasan Danau Sipin. Pihaknya juga terbuka bagi komunitas-komunitas lain yang ingin mengadakan kegiatan di kawasan Danau Sipin.

Baca juga: Hari Dongeng Sedunia bisa dirayakan di ruang digital

"Kami menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ini, karena setelah pandemi agak berkurang pengunjung di Danau Sipin, kami menyambut baik kegiatan ini selain mencerdaskan anak-anak kami kegiatan ini juga menjadi fokus pariwisata,” kata Ririe.

Kegiatan literasi tersebut bekerjasama dengan Kampung Dongeng Seloko Jambi. Selain mendongeng kegiatan juga diramaikan dengan mobil keliling perpustakaan, posyandu remaja (posrem) Danau Sipin yang siap memeriksa dan memberikan imunisasi untuk anak-anak, serta sosialisasi cinta, bangga, dan paham rupiah bersama Bank Indonesia Jambi.

Baca juga: SAR gabungan temukan jasad korban tenggelam di Muaro Jambi
 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022