Jakarta (ANTARA) -
Kepala staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono akan terus melanjutkan dan meningkatkan kerja sama strategis dengan Amerika Serikat (AS).

Kasal mengatakan hal itu saat melaksanakan pertemuan dengan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (30/3), seperti dikutip dalam siaran persnya, Minggu.
 
Pertemuan antara Kasal dan US Secnav berlangsung dengan hangat dan penuh keakraban. Kasal mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa, sehingga selama kunjungan di AS merasa sangat terhormat dan nyaman.

Baca juga: Laksamana Yudo temui Kasal AS bahas pentingnya stabilitas di kawasan
 
Peningkatan kerja sama strategis dengan AS, kata Yudo, sesuai yang telah disepakati, terutama bidang pembangunan SDM yang profesional baik latihan bersama diantaranya latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan USMC, dengan mengirimkan personel yang berpengalaman dalam operasi, sehingga personel Korps Marinir TNI AL dapat menerima manfaat yang besar dalam latihan tersebut.
 
Sedangkan dalam bidang pendidikan dibicarakan mengenai kemungkinan penambahan jumlah penerimaan untuk perwira siswa TNI AL baik di tingkat Naval Staff College (NSC) dan Naval Command College (NCC) di Rhode Island, maupun pendidikan setingkat Lemhanas di National Defense University (NDU) di Wahington DC.
 
Selain itu dibicarakan juga agar pihak US Navy membuka kesempatan mengikuti pendidikan atau kursus bagi penyelam TNI AL dan kursus Tactical Air Control Party bagi penerbang TNI AL di AS.

Baca juga: Panglima TNI dorong kerja sama intens TNI AL dan Angkatan Laut Korsel
 
Carlos Del Toro menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Kasal ke AS dan sangat gembira dengan hubungan yang terjalin selama ini sebagai mitra strategis bidang pertahanan kemaritiman, menjadi negara yang konsisten dalam menjaga stabilitas di kawasan, serta tetap ingin melanjutkan kerjasama bidang pendidikan, latihan dan teknologi.
 
Carlos Del Toro juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia karena telah mengirimkan beberapa personel, utamanya perwira untuk terlibat dalam latihan dan pendidikan di AS, hal ini merupakan bentuk upaya kerjasama strategis pada pembinaan "capacity building".
 
Sebelumnya Kasal juga berkesempatan bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Amerika Serikat, Petahana Rosan Roeslani guna membahas rencana kerja sama yang akan dilakukan TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dalam menghadapi masalah keamanan maritim, keamanan dan stabilitas regional maupun global.

Baca juga: Kasal harapkan ada aturan tegas terhadap kapal pengangkut PMI ilegal

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022