Bandarlampung (ANTARA News) - Manusia tertinggi di Indonesia yang berasal Provinsi Lampung turut memeriahkan Tapis Karnival pada rangkaian kegiatan Festival Krakatau XXI tahun 2011.

Berdasarkan pantauan ANTARA, di Bandarlampung, Sabtu, Suparwono manusia tertinggi asal Kabupaten Tulangbawang Barat itu menjadi perhatian masyarakat dan jadi ajang model foto bersama di sela-sela kegiatan tersebut.

Mereka menjadikan manusia tertinggi yang merupakan duta wisata Provinsi Lampung itu menjadi perhatian dan objek foto bersama sebagian besar masyarakat di daerah itu.

Seluruh gerak gerik orang terjangkung asal Lampung itu selalu menjadi perhatian bahkan ketika kendaraan khusus miliknya juga terdapat tulisan namanya.

Suparwono mengatakan, setelah dinobatkan sebagai duta wisata Lampung dirinya selalu siap untuk membawa daerahnya ini dikenal hingga ke mancanegara.

"Setiap ada kegiatan yang berkaitan dengan kepariwisataan khususnya di Provinsi Lampung akan selalu siap," kata manusia bertinggi badan 2,42 meter itu.

Ia menyebutkan, sektor pariwisata di Lampung cukup banyak, dan karena itu dia akan berusaha untuk ikut mamajukannya.

Ia juga berharap seluruh masyarakat di daerah itu dapat terus menjaga kelestarian budaya dan seni khas Lampung serta turut mendukung pengembangannya sehingga dapat dikenal ke seluruh dunia.

"Mudah mudahan ke depan dunia pariwisata dan kebudayaan daerah Lampung dapat lebih maju lagi," ujar Suparwono.

Sementara itu, Ariyadi, salah seorang warga Kemiling, mengaku senang adanya manusia tertinggi di Indonesia itu hadir pada parade Tapis Karnival.

"Saya sudah berfoto dengan manusia jangkung itu, ini bisa jadi kenang-kenangan," ujar dia.

Apalagi, ia melanjutkan, Suparwono yang merupakan manusia tertinggi di Indonesia itu berasal dari Lampung dan oleh gubernur juga telah dijadikan sebagai Duta Wisata Lampung.

"Kalau tidak sekarang, tidak tahu lagi kapan bisa berjabat tangan serta berfoto bersama," kata Ari menerangkan.

Berdasarkan data kegiatan Tapis Karnival tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Provinsi Lampung dan beberapa daerah di Indonesia. Mereka menampilkan berbagai seni budaya khas daerah masing masing dengan harapan masyarakat dapat lebih mengenal kebudayaan serta kesenian di wilayahnya. (ANT-050/KWR)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011