bisa mendapatkan vaksin penguat di sini
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres berencana menggandeng Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Barat dan Polsek Kalideres untuk membangun gerai vaksin dosis ketiga atau penguat (booster) di tempat itu.

"Ini agar penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan bus bisa mendapatkan vaksin penguat di sini," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, Revi juga sempat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta agar mau membangun gerai vaksin dosis ketiga di tempatnya.

Namun, katanya, usulan itu belum bisa direalisasikan oleh Dinas Kesehatan DKI.

Jika pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan lampu hijau terkait gerai vaksin dosis ketiga di terminal, maka Revi memperkirakan gerai tersebut akan tersedia pada pertengahan April 2022.

Baca juga: Terminal Kalideres imbau penumpang tidak makan di dalam bus

"Gerai beroperasi mulai dari posko angkutan Lebaran itu adanya di 25 April sampai 10 Mei 2022," jelas Revi.

Hingga saat ini, pihak Revi masih memberlakukan aturan wajib vaksin dosis dua bagi penumpang yang mau bepergian ke luar kota.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut, pemerintah mensyaratkan vaksinasi penguat  COVID-19 menjadi syarat bagi masyarakat untuk melakukan mudik pada libur Lebaran 2022.

Menurut Wapres, selain vaksinasi dosis satu dan dua, masyarakat juga diminta untuk segera melakukan vaksinasi "booster", sehingga tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes PCR atau antigen.

"Ini kalau tidak terjadi lonjakan-lonjakan. Kalau suasana terus landai seperti sekarang," tambah Wapres.

Baca juga: Terminal Kalideres gelar tes urine untuk sopir bus mulai bulan ini

Namun, Wapres meminta agar penyelenggaraan ibadah harus tetap mentaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan mencuci tangan.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022