Perjalanan kereta rata-rata 18 KA per hari dengan kapasitas rata-rata 10.424 tempat duduk baik kereta api jarak jauh maupun kereta lokal.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 18 perjalanan kereta api setiap hari selama masa angkutan Lebaran 2022 yang akan dimulai pada H-10 hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Perjalanan kereta rata-rata 18 KA per hari dengan kapasitas rata-rata 10.424 tempat duduk baik kereta api jarak jauh maupun kereta lokal," kata Vice President Daop 9 Broer Rizal di Kabupaten Jember, Senin.

Ada sembilan KA yang beroperasi pulang pergi di wilayah Daop 9 sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi yakni kereta jarak jauh terdiri dari KA Ranggajati, KA Logawa, KA Tawangalun, KA Sritanjung, KA Wijaya Kusuma, KA Mutiara Timur, KA Probowangi, sedangkan kereta lokal yakni KA Pandanwangi dan KA Komuter.

"Dalam rangka menghadapi angkutan Lebaran, kami telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia," tuturnya.

Baca juga: KAI siapkan kelengkapan kereta api jelang masa Angkutan Lebaran 2022

Menurutnya KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan terkait lainnya telah melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan standar pelayanan minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

"Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022," katanya.

Untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran di masa pandemi COVID-19, lanjut dia, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah karena sejak memasuki stasiun, penumpang akan dicek suhu tubuh dan disediakan penyanitasi tangan.

"Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh penumpang dengan disinfektan. KAI secara konsisten mengingatkan penumpang untuk terus menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: KAI: 10.171 tiket KA Lebaran terjual di Daop Semarang

Berdasarkan data hingga 31 Maret 2022, KAI Daop 9 Jember telah menjual sebanyak 27.233 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode 22-30 April 2022 atau 11,9 persen dari total tiket yang disediakan untuk seluruh KA di Daop 9.

"Kereta favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Sritanjung relasi Ketapang - Lempuyangan (PP) dan KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng (PP) dengan keberangkatan terbanyak pada 28 April, 27 April, 26 April dan 25 April 2022," katanya.

Ia mengatakan pihak KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022