Pola hidup bersih dan sehat harus tetap diperkuat di tengah pelaksanaan ibadah puasa, agar kondisi tubuh tetap bugar
Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengajak warga terus memperkuat pola hidup bersih dan sehat khususnya selama melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1443 H.

"Pola hidup bersih dan sehat harus tetap diperkuat di tengah pelaksanaan ibadah puasa, agar kondisi tubuh tetap bugar dan imunitas tetap terjaga," kata Plh. Bupati Banjarnegara Syamsudin melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Senin.

Menurutnya, dengan tubuh yang sehat, bugar dan imunitas yang terjaga dengan baik maka akan memperlancar ibadah puasa.

"Terlebih lagi saat ini pandemi belum berakhir maka penerapan pola hidup bersih dan sehat serta penerapan protokol kesehatan menjadi sesuatu hal yang sangat penting," katanya.

Baca juga: Dokter: Tenaga medis harus mampu bedakan penyebab stroke

Syamsudin mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih.

Masyarakat, tambah dia, harus berperan aktif dalam program percepatan penanganan pandemi COVID-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan jangan sampai kendur guna mencegah terjadinya kenaikan kasus COVID-19," katanya.

Selain itu, bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi diminta untuk segera mendapatkannya baik dosis pertama, kedua, hingga dosis ketiga atau penguat.

Baca juga: Polres Banjarnegara gelar Program Keroyok Vaksin

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan seiring potensi peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 H.

"Satu hal yang perlu ditekankan adalah upaya menjaga kewaspadaan masyarakat terhadap masih adanya potensi penularan COVID-19," katanya.

Dengan peran aktif seluruh masyarakat, kata dia, diharapkan upaya pengendalian pandemi COVID-19 di wilayah setempat akan berjalan optimal dan upaya pemulihan ekonomi juga akan berjalan dengan baik.

Baca juga: Satu orang meninggal diduga keracunan gas

"Mari bersama-sama mewujudkan Banjarnegara yang sehat, pandemi dapat segera berakhir dan upaya pemulihan ekonomi dapat berlangsung dengan maksimal," katanya.

Plh. Bupati juga mengajak seluruh warga untuk saling mengingatkan mengenai pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 selama momentum Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Masyarakat harus saling mengingatkan bahwa pandemi masih belum berakhir, sehingga warga masih harus mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Kapolres Banjarnegara bantu pengobatan balita penderita tumor mata

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022