Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar bazar sembako murah khusus Ramadhan 1453 Hijriah dengan menjual berbagai bahan pangan, mulai dari minyak goreng hingga daging sapi.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma menjelaskan, bazar ini akan berlangsung hingga 30 April 2022 dengan berkolaborasi bersama Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) dan Sahabat Usaha Rakyat (Sahara).

"Bazar ini berlangsung secara bergantian di 44 kelurahan yang ada di Jakarta Pusat mulai 4-30 April 2022. Setiap kelurahan digelar selama tiga hari, lalu bergeser ke kelurahan lainnya," kata Dhany saat membuka Bazar Sembako Ramadhan di Kampung Tangguh Jaya, Jalan Mangga Dua, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin.

Dhany mengatakan, bazar di bulan Ramadhan ini merupakan saat yang tepat karena dapat memberikan akses yang luas kepada masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal itu karena komoditas pangan yang dijual berasal dari produsen. Kemudian ke grosir dan langsung didistribusikan kepada masyarakat.

"Adanya bazar ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Umumnya para pembeli mengatakan harga sembako di sini di bawah pasaran. Kita tahu bahwa saat ini kebutuhan pokok di luar harganya lagi mahal," kata Dhany.

Baca juga: Food Station: Tahapan pembangunan pabrik minyak goreng masih panjang
Baca juga: BUMD Agro Jabar-Jakarta bangun pabrik kemasan minyak goreng


Sembako murah ini dibagi menjadi tiga paket, yakni paket pertama seharga Rp65 ribu berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kilogram (kg) dan gula 1 kg.

Paket kedua seharga Rp100 ribu berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kg;?= tepung terigu 1 kg dan gula 1 kg. Paket ketiga seharga Rp150 ribu berisi minyak goreng 900 liter, daging sapi 1 kg dan gula 1 kg.

Dhany menambahkan penentuan lokasi bazar sembako Ramadhan diprioritaskan di lokasi yang padat penduduk.

Ketua Inkowapi, Sharmila memaparkan pembelian sembako dilakukan dengan penukaran voucher untuk menghindari antrean warga.

"Selama Ramadhan, kita buka tiga hari di setiap kecamatan yang serentak diadakan di kelurahan masing-masing. Buka dari pagi jam 10.00 WIB hingga voucher habis," kata dia.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022