Jakarta (ANTARA News) - Pecatur Pelatnas SEA Games 2011 IM Tirta Chandra Purnama terlempar jauh dari posisi lima besar pada kejuaraan catur Indonesia Terbuka, Minggu malam, setelah sebelumnya sempat tak terkalahkan selama empat babak pertandingan.

Tirta yang pada pertandingan babak empat, Minggu pagi, masih tak terkalahkan dengan bermain remis melawan pecatur Filipina GM Rylo, Minggu malam harus tumbang pada babak lima saat melawan pecatur China GM Li Chao, sehingga terlempar dari posisi lima ke posisi 17 dengan tetap mengumpulkan 3 poin.

Namun rekan satu pelatnas-nya, GM Susanto Megaranto, setelah babak kelima ini memimpin para rekannya dengan berada di posisi tujuh, turun satu posisi dari hasil klasemen Minggu pagi.

Susanto pada pertandingan babak lima itu menang melawan pecatur Rusia GM Dreev Aleksey, sehingga menambah pengumpulan poin menjadi 4.

Sementara itu pecatur Prancis GM Vladislav Tkachiev tetap memimpin klasemen sementara setelah pertandingan babak kelima, Minggu malam, dengan mengumpulkan 4,5 poin.

Pecatur Prancis itu pada babak kelima bermain remis melawan pecatur Filipina GM Oliver Barbosa, dan Barbosa juga mengemas 4,5 poin namun kalah solkov dari Vladislav sehingga harus puas di urutan kedua.

Posisi ketiga ditempati pecatur Filipina lainnya Wesley So yang mengumpulkan 4 poin.

Kejuaraan Catur Indonesia Terbuka 2011 itu berlangsung dalam sembilan babak pertandingan sistem Swiss dan akan berakhir pada Rabu (19/10). (A020/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011