Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, meminta dua taruna Akademi Angkatan Laut yang menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat (US Naval Academy/USNA) di Annapolis, Maryland, Amerika Serikat, untuk menunjukkan kemampuan dan kegigihan dalam tiap kegiatan di kampus.

Kasal saat menemui langsung Kopral Taruna (M) Febiarta Suryana dan Kopral Taruna (E) Juandito Cahyo Nugroho di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat menjelaskan kegigihan dalam belajar itu penting agar mereka dapat menyelesaikan pendidikan dengan hasil terbaik.

"Ikuti pendidikan dengan baik dan tunjukkan bahwa kalian tangguh dan mampu bersaing," kata Margono kepada kedua taruna AAL itu sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AL, yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kepala Staf TNI AL: Kita harus loyal pada keputusan presiden

Ia anjut berpesan agar keduanya menjaga martabat dan nama baik Indonesia serta TNI AL, karena mereka adalah duta bangsa selama menjalani pendidikan militer di AS.

Suryana dan Nugroho adalah taruna Ttngkat I AAL Angkatan 69/2020 yang mendapatkan beasiswa pendidikan penuh di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat. Keduanya dalam proses menyelesaikan pendidikan selama empat tahun sampai 2025.

Pendidikan bagi taruna AAL di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat itu merupakan program yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan bersama TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan TNI AL.

Baca juga: Kasal sebut ke depan Korps Marinir TNI AL akan semakin besar

TNI AL ke depan akan kembali mengirim taruna AAL untuk menempuh pendidikan bersama kadet-kadet Angkatan Laut Amerika Serikat di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat.

Margono melawat ke Amerika Serikat sejak Rabu (30/3) dan menemui sejumlah petinggi Angkatan Laut Amerika Serikat, di antaranya Kepala Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Mike Gildey, Sekretaris Angkatan Laut Amerika Serikat, Carlos Del Toro.

Pada Jumat (1/4), Margono juga berkunjung ke Kampus Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat di mana dia bertemu Komandan Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Madya Sean Scott Buck.

Baca juga: Monumen alutsista TNI AL di Kabupaten Madiun diresmikan Kasal

Margono menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan bersahabat kepada Buck, dan dalam kunjungan itu dia menyempatkan diri makan bersama para kadet Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat termasuk di antaranya dua taruna AAL yang menempuh pendidikan di Kampus Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat itu.

Buck, sebagai balasan, juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Margono. "Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat merasa terhormat atas kunjungan itu," kata Buck.

Ia menegaskan Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat berharap dua pihak terus menjadi mitra dan sahabat dalam membangun kerja sama strategis terkait pembinaan dan peningkatan profesionalisme prajurit Angkatan Laut.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022