Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang dinilai sebagai bagian dari memajukan industri otomotif dalam negeri.

"Bagi keluarga besar IMI, pagelaran IIMS Hybrid 2022 merupakan implementasi nyata untuk memajukan industri otomotif dalam berbagai aspek. Baik dalam tujuan memperluas akses pasar, menjadi wahana inovasi teknologi di bidang otomotif, sekaligus media pembelajaran bagi masyarakat pecinta otomotif," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam pernyataan resmi, dikutip Senin.

Menurut Bamsoet, IIMS yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta 31 Maret - 10 April 2022 turut memberikan nilai tambah ekonomi bagi pelaku UMKM karena mereka berkesempatan untuk menjajakan berbagai produk otomotif dari mulai jaket, helm, sepatu, hingga berbagai bentuk merchandise lainnya.

Baca juga: Intip program menarik mobil-mobil baru di IIMS Hybrid 2022

Dia menjelaskan IIMS Hybrid 2022 telah menghadirkan kendaraan listrik pertama yang dirakit secara langsung di Indonesia.

"Hal ini sangat bagus karena akan semakin meramaikan pasar kendaraan listrik di Indonesia sekaligus membuat konsumen memiliki banyak pilihan. Sejalan dengan langkah IMI dalam mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik," katanya.

Di IIMS, kata Bambang, juga ditampilkan berbagai mobil modifikasi karya Tuksedo Studio Bali. Jadi, pameran tahunan yang sudah berusia 20 tahun ini telah berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam bidang otomotif.

Penyelenggaraan IIMS 2021 yang dilakukan secara hybrid pada tahun lalu bisa menghasilkan perputaran uang mencapai Rp2,2 triliun. Sementara pada IIMS 2022, perputaran uang ditargetkan meningkat mencapai Rp3 triliun.

"Angka tersebut sangat realistis, mengingat sebelum pandemi COVID-19, pada IIMS 2019 misalnya, perputaran uangnya bisa mencapai Rp4 triliun," pungkas Bamsoet.

IIMS Hybrid 2022 diikuti sekitar 14 jenama mobil dan 13 jenama motor serta puluhan jenama aksesoris dan aftermarket.

Baca juga: Ragam layanan penjualan dan purna jual MMKSI selama IIIMS 2022

Baca juga: Mitsubishi ungkap momen Ramadhan dapat dongkrak jumlah penjualan

Baca juga: Tampilan mobil terbang EHang 2016 yang mejeng di IIMS 2022
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022