Jakarta (ANTARA) - Wayne Rooney mengungkapkan dukungannya kepada Mauricio Pochettino ketimbang Erik ten Hag sebagai sosok yang tepat untuk menjadi manajer baru Manchester United.

Pochettino yang saat ini menangani Paris Saint-Germain dan pelatih Ajax Ten Hag disebut-sebut sebagai dua kandidat utama calon juru taktik anyar United menggantikan Ralf Rangnick yang tenornya sebagai manajer interim berakhir di pengujung musim.

Pengalaman Pochettino melatih di Liga Premier bersama Southampton dan Tottenham Hotspur menjadi alasan utama bagi Rooney memilih pelatih asal Argentina itu sebagai sosok yang tepat sebagai nakhoda bekas klubnya tersebut.

"Pochettino sudah punya rekam jejak di Liga Premier. Dia tahu liga ini. Jika saya harus memilih di antara keduanya, saya memilih Pochettino. Tentu dia butuh waktu dan bila diberikan dia akan melakukan pekerjaan baik," kata Rooney yang kini menangani klub kasta kedua Derby County kepada Sky Sports seperti dikutip oleh Reuters, Selasa.

Baca juga: Louis van Gaal peringkatkan Erik ten Hag agar tidak melatih Man United
Baca juga: Ralf Rangnick serang balik komentar Louis van Gaal tentang Man United


Meski Rooney menyebut Pochettino punya rekam jejak di Liga Premier, nyatanya juru taktik asal Argentina itu cuma bisa mengangkat Southampton dari urutan ke-14 ke posisi kedelapan.

Lantas di Tottenham selama 4,5 musim capaian terbaiknya hanyalah menjadi runner-up Liga Champions 2018/19 dan posisi kedua Liga Premier 2016/17.

Bahkan Pochettino itu harus pergi ke PSG untuk akhirnya bisa merasakan gelar perdananya sebagai pelatih berupa Trophee des Champions 2020 dan Piala Prancis 2020/21, tetapi itu pun dibarengi kegagalan meraih gelar juara Liga Prancis yang tiga musim sebelumnya tak pernah luput dari tangan Les Parisiens.

Kendati demikian, Rooney bersikeras menilai bahwa Pochettino adalah sosok pelatih top yang tahu cara bekerja efektif menggabungkan pemain kelas top dan talenta muda.

"Pochettino adalah manajer top dan dia tahu cara bekerja dengan pemain-pemain kelas top serta pemain muda. Mereka (United) perlu mendapatkan ramuan yang tepat karena tidak bisa gagal lagi," katanya.

United menempati posisi ketujuh klasemen memiliki 51 poin dengan sisa delapan pertandingan musim ini, termasuk melawat ke Goodison Park menghadapi Everton pada Sabtu (9/4).

Baca juga: Manchester United dilaporkan jalin pembicaraan dengan Erik ten Hag
Baca juga: Pakar sebut Manchester United harus bisa yakinkan ten Hag
Baca juga: Rangnick akui Manchester United saat ini bukan unggulan empat besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022