Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Banten menyebutkan sebanyak 20 penyandang disabilitas lolos tahap seleksi dan diterima bekerja di PT PAN Brothers Jatiuwung.

“Mulai hari ini, teman-teman penyandang disabilitas, Alhamdulillah, dinyatakan diterima bekerja atau sebagai pegawai PT PAN Brothers Tbk,” kata Kepala Disnaker Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan pada penyaluran tenaga kerja disabilitas, di PT PAN Brothers Tbk, Selasa.

Disnaker berusaha menjembatani, memfasilitasi dan memberi pendampingan kepada mereka untuk dapat lebih berkembang dan memiliki kesempatan masa depan yang lebih cerah.

Mempekerjakan penyandang disabilitas  merupakan amanat UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Baca juga: Pengamat dorong perluasan pelatihan vokasi untuk pekerja disabilitas

Baca juga: Kemnaker: Instrumen pemantauan jadi akses bagi pekerja disabilitas


Disnaker akan menjalin komunikasi dengan seluruh perusahaan lainnya untuk memberikan kesempatan bekerja bagi teman-teman disabilitas sesuai kebutuhan tenaga kerja di masing-masing perusahaan.

“Semoga, ini menjadi awal yang baik untuk teman-teman disabilitas. Semoga semakin banyak perusahaan yang terbuka sehingga mereka bisa mendapat hak yang sama untuk masa depan yang lebih baik untuk dirinya maupun keluarganya,” katanya.

Nurdin Setiawan sebagai General Manager Human Resources Management PT PAN Brothers Tbk menuturkan perusahaan memiliki kewajiban memberdayakan warga sekitar, termasuk disabilitas. Berangkat dari hal itu, maka PT PAN Brothers menyambut baik program dari Disnaker tersebut.

“Teman disabilitas yang sudah bekerja di kami di antaranya penyandang tunarungu, tunadaksa dan tunawicara yang bekerja di bagian sampel, jahit hingga bengkel. Kami akui, sembilan teman disabilitas yang lebih dulu bekerja di kami punya kinerja, kegigihan dan ketekunan bekerja yang sangat baik. Keterbatasan hanya dalam komunikasi, tapi kami terus maksimalkan,” katanya.

Ia pun berharap, kerja sama dengan Disnaker terkait kesempatan bekerja bagi disabilitas ini dapat menjadi contoh atau bukti nyata bagi perusahaan lainnya, untuk membuka kesempatan yang sama untuk teman disabilitas.

“PT PAN Brothers Tbk sudah membuktikan, bahwa mereka tidak menyulitkan seperti dalam bayangan. Mereka memiliki kegigihan bekerja yang luar biasa, mereka paham mencari kerja itu sulit, maka mereka memberikan kinerja yang maksimal untuk perusahaan,” ujarnya.*

Baca juga: KSP dorong percepatan penyerapan tenaga kerja penyandang disabilitas

Baca juga: Danareksa komitmen ciptakan kesetaraan kerja bagi disabilitas

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022