upaya ini bisa menekan lonjakan harga gula
Blitar (ANTARA) - Pabrik Gula PT. Rejoso Manis Indo (Mitr Phol Group) di Kabupaten Blitar – Jawa Timur, menyelenggarakan operasi pasar murah gula pasir di Balai Desa Wates, Kabupaten Blitar, sebagai upaya membantu menekan harga gula di pasaran yang kini naik.

"Operasi pasar ini untuk menekan harga gula di pasaran yang mulai naik pada saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah ini," kata Manager Industrial Relation PT. RMI – Mitr Phol Group Putut Hindaruji di Blitar, Selasa.

Ia mengatakan untuk kegiatan Operasi Pasar Murah di Desa/Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, disediakan gula pasir sebanyak 500 kilogram. Gula itu dijual seharga Rp12.500 per kilogram, lebih murah ketimbang harga di pasaran yang saat ini sekitar Rp14 ribu per kilogram hingga Rp15 ribu per kilogram.

Baca juga: Asabri dan Bulog kolaborasi gelar bazar sembako murah
Baca juga: Pesantren Tahfidz Palembang gelar bazar sembako murah

Sementara itu, total gula pasir yang dikeluarkan di awal bulan suci Ramadhan sekitar 1 ton gula pasir untuk kebutuhan masyarakat yang dikeluarkan dalam operasi pasar. Dengan itu, diharapkan kebutuhan masyarakat akan gula pasir saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2022 bisa terpenuhi.

RMI Blitar juga terus koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Blitar, guna memastikan stok gula pasir aman saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2022.

RMI telah kerja sama dengan Pemkab Blitar dalam operasi pasar itu. Ada sejumlah titik operasi pasar yakni di Kecamatan Wonodadi, Selopuro, Kanigoro dan Kecamatan Wates.

"Semoga upaya ini bisa menekan lonjakan harga gula saat Ramadan dan jelang Lebaran," kata Putut.

Baca juga: Pemkot Jakpus jual minyak goreng hingga daging murah
Baca juga: DKI adakan pasar murah jelang Idul Fitri 2022

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar Eka Purwanta mengemukakan operasi pasar gula telah dilakukan jauh hari sebelum Ramadhan yang dilakukan di 19 kecamatan wilayah Kabupaten Blitar.

"Stok gula kami siapkan 1.000 kilogram. Harga di operasi pasar ini di bawah harga pasar," kata Eka.

Masyarakat sangat antusias bisa membeli gula pasir dengan harga lebih murah. Mereka juga ikut antrean membeli gula pasir tersebut. Selain untuk kebutuhan rumah tangga, juga untuk membuat beragam kue menjelang Lebaran 2022 ini. 

Baca juga: PTPN XI gelar pasar murah gula untuk stabilisasi harga

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022