Jadi, yang menentukan besar kecilnya kompensasi, ya, ASN sendiri.
Kediri (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan Panjalu Jayati Corporate University (Panji CorpU) sebagai solusi peningkatan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Mendagri menjelaskan bahwa Panji CorpU adalah salah satu pendekatan pembelajaran organisasi untuk melatih pegawai agar dapat menjalani tugasnya secara efektif, efisien, dan meningkatkan kompetensi profesionalitasnya.

"Ini merupakan langkah yang luar biasa. Langkah konkret Pemkab Kediri ini paralel dengan arahan Presiden RI, yang juga menerapkan core value berakhlak (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptip, dan kolaboratip)," kata Mendagri lewat video yang diputar saat peresmian program itu di Pendopo Panjalu Jayati, Kediri, Jawa Timur, Selasa.

Tito menyampaikan selamat atas program Panji CorpU itu sekaligus meminta seluruh ASN di daerah ini menjaga profesionalitas dan meningkatkan integritas.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyebutkan Panji CorpU ini memiliki empat instrumen yang dapat berpengaruh pada kompensasi masing-masing ASN.

Dijelaskan pula bahwa jika 4 hal tersebut (kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin) dilakukan dengan baik oleh hampir 10.000 ASN di Kediri, akan berkaitan erat dengan kompensasi.

Bupati Kediri juga menegaskan bahwa ASN di level yang sama akan mendapatkan kompensasi yang berbeda jika nilai dari empat instrumen tersebut berbeda.

"Dalam program itu, memang terdapat sejumlah instrumen sebagai nilai. Jadi, yang menentukan besar kecilnya kompensasi, ya, ASN sendiri," kata dia.

Pemkab setempat, lanjut dia, juga akan menerapkan ASN Day. Pada program itu, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri akan belajar sehari penuh. Program ini satu pekan sekali.

Selain itu, pihaknya juga bentuk satgas PK3D yang bertugas untuk memonitoring dan evaluasi terhadap jalannya Panji CorpU ini.

"Kami berharap dengan penerapan Panji CorpU ini akan timbuk multiple efect bagi pembangunan di Kabupaten Kediri," kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Baca juga: Pemkab Kediri gelar parade cikar

Baca juga: Pemkab Kediri gencarkan vaksinasi untuk lansia dan pelajar

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022