Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk terus menggali potensi bisnis internasional melalui koneksi UMKM berorientasi ekspor ke Program BNI Xpora dengan diaspora di berbagai negara.

“UMKM yang orientasi ekspor meningkat cukup banyak dan kami lihat beberapa kota lumayan berhasil, tinggal nanti dikoneksikan dengan diaspora yang kami garap supaya jadi platform yang terakselerasi,” jelas Direktur Utama BNI (Persero) Tbk Royke Tumilaar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Royke menyebut dengan menyediakan sebuah platform akan membantu transformasi UMKM lebih cepat dan go global. Hal tersebut dilakukan tidak hanya dari BNI sendiri, namun perlu bergandengan tangan dengan berbagai pihak.

“Tapi juga dengan stakeholder seperti Bea cukai, Smesco, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian. Ini masuk platform untuk memudahkan calon eksportir baru dapat informasi yang jelas, kami perlebar ini jadi ekosistem yang efisien bagi pelaku di situ dan memudahkan semua pihak," ungkap dia.

Baca juga: BNI Xpora jadi "role model" berdayakan UMKM orientasi ekspor

Royke juga mengatakan BNI Xpora menjadi primadona perseroan saat ini. Sebagai bank yang ditunjuk untuk menjadi bank internasional, BNI berkomitmen mendukung para pelaku UMKM naik kelas hingga memasarkan produk di pasar internasional.

Di samping itu BNI juga merangkul diaspora untuk memenuhi kebutuhan layanan transaksi dan pembiayaan. Bukan tidak mungkin, UMKM Xpora akan dikoneksikan dengan diaspora, sehingga tercipta ekosistem yang baik. Diaspora akan bertindak selaku buyer dari produk-produk UMKM Xpora agar bisa menggenjot ekspor.

Potensi pengembangan Program BNI Xpora juga sangat besar karena mencakup potensi bisnis ekspor dan diaspora di seluruh dunia.

“Ada 8 juta diaspora, di mana 4 juta itu imigran dari Indonesia. Kami coba bantu, akhirnya nanti ke payment, remitansi,” ujar Royke.

Baca juga: Pemilik warung Indonesia di Korea Selatan apresiasi dukungan dari BNI
Baca juga: BNI dukung percepatan pemulihan ekonomi 2022 lewat Program Xpora


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022