Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Colliers menyatakan pengembang apartemen di kawasan Jakarta dan sekitarnya bakal lebih percaya diri dalam menjual produk hunian mereka, bila sentimen positif perekonomian terus berlanjut pada tahun 2022 ini.

"Awal-awal tahun beberapa pengembang sudah mulai menunjukkan kepercayaan diri untuk memperkenalkan produk mereka," kata Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto di Jakarta, Rabu.

Ferry memaparkan pada kuartal I 2022 ada  dua apartemen yang diperkenalkan ke publik yaitu The Okura Residences dan Kizo Residence, sedangkan pada periode yang sama satu proyek apartemen baru rampung yaitu Vasaka Soltera sebanyak 521 unit.

Baca juga: Konsultan: Kenaikan PPN jadi 11 persen tantangan bagi sektor properti

Meski optimis, ia mengakui jumlah penjualan apartemen strata title (hak milik) merosot tajam dari 516 unit pada kuartal IV 2021 menjadi hanya 278 unit pada kuartal I-2022.

"Pola tersebut sama seperti tahun lalu, di mana penurunan penjualan terjadi saat level PPKM dinaikkan dan jumlah kasus COVID-19 meningkat," katanya.

Baca juga: Survei BI: Harga properti residensial meningkat pada kuartal IV 2021

Menurut dia, pada saat ini tidak ada proyek apartemen yang menaikkan harga jual produk mereka, sehingga harga rata-rata sama relatif sama dengan sebelumnya.

Untuk itu, diharapkan kebijakan yang ada dapat mengurangi berbagai faktor yang bisa mengurangi sentimen buruk ke konsumen properti, seperti kenaikan inflasi atau kemungkinan naiknya suku bunga.

Baca juga: Airlangga: Insentif PPN properti dongkrak penyediaan hunian yang layak
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022