Saya tak sabar untuk kolaborasi baru ini
Jakarta (ANTARA) - Ronald Koeman akan melengkapi perjalanannya dengan langkah putar balik menjadi pelatih tim nasional Belanda lagi setelah putaran final Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan rampung Desember nanti.

Koeman akan dipercaya meneruskan tongkat estafet dari Louis van Gaal yang hanya bertugas hingga akhir Piala Dunia 2022, demikian pengumuman situs resmi federasi sepak bola Belanda, KNVB, Rabu.

Ini akan menjadi tenor kedua Koeman menangani Tim Oranye setelah sebelumnya ia juga mendampingi Virgil van Dijk dkk. hingga ke final UEFA Nations League 2018/19 sebelum menerima pinangan Barcelona pada musim panas 2020.

Baca juga: Barcelona cuma main imbang lawan Alaves selepas pecat Ronald Koeman

"Saya tak sabar untuk kolaborasi baru ini. Sekira satu setengah tahun lalu, saya pergi dari timnas Belanda bukan karena kegagalan," kata Koeman dikutip dari situs resmi KNVB.

"Masa tugas saya terasa bagus, hasilnya bagus dan kemampuan beradaptasi di tingkat internasional juga bagus. Kami akan melanjutkan di jalan itu. Itu jelas bagi saya," ujarnya menambahkan.

Meski Koeman mengatakan bahwa kepergiannya dari timnas Belanda tanpa menyisakan kegagalan, justru kedatangannya kembali justru membawa serta bayang-bayang kegagalan sebagai pelatih Barcelona.

Pada musim pertamanya menukangi Barcelona, Koeman mengantarkan Blaugrana mengangkat trofi Copa del Rey 2020/21, peringkat ketiga Liga Spanyol dan terhenti di babak 16 besar Liga Champions.

Baca juga: Virgil van Dijk ingin buat Piala Dunia Qatar mengesankan bagi Van Gaal

Namun, hasil buruk pada awal musim ini membuat Koeman ditendang oleh manajemen Barcelona hanya setelah 11 pertandingan pertama Liga Spanyol.

Meski demikian Direktur Sepak Bola Profesional KNVB Marianne van Leeuwen mengaku pihaknya memilih Koeman berdasarkan rekam jejak tenor pertamanya bersama timnas Belanda.

"Kami sangat senang Ronald akan kembali tahun depan. Dalam tenor sebelumnya di sini, ada kepuasan besar atas pekerjaannya dan hasil yang kami dapat," ujar Van Leeuwen.

Di tenor pertamanya menangani Belanda pada 6 Februari 2018 s.d. 18 Agustus 2020 Koeman memiliki rekam jejak 11 kemenangan dan lima hasil imbang dari 20 pertandingan kompetitif yang dipimpinnya.

Baca juga: Barcelona pecat Ronald Koeman
Baca juga: Louis van Gaal akui dirinya sedang berjuang melawan kanker prostat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022