Jakarta (ANTARA) - Sutradara Jepang Sion Sono yang namanya dikenal di sirkuit festival internasional dan debut barunya di Hollywood telah dituduh atas pelecehan seksual.

Sutradara 60 tahun itu merespons artikel yang diterbitkan majalah Shukan Josei, Selasa (5/4), berisi tudingan bahwa dia memaksa para aktris melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan peran di filmnya seperti dikutip dari Kyodo pada Rabu.

"Saya minta maaf karena telah merepotkan semua orang," kata Sion Sono dalam pernyataan yang diunggah di laman resmi kantornya, sambil mengakui "kurangnya kesadaran sebagai sutradara film dan kurangnya perhatian terhadap orang di sekitar saya."

Baca juga: Harvey Weinstein terbukti bersalah atas perkosaan dan pelecehan

Namun, Sion Sono mengatakan ada banyak poin dalam artikel yang berbeda dari fakta, mengindikasikan dia akan mengambil jalur hukum.

Tak hanya Sion Sono yang dituduh melakukan pelecehan di industri film negeri Sakura. Aktor dan sutradara Hideo Sakaki mengakui sebagian tuduhan atas pemaksaan seksual. Dua filmnya yang akan rilis pada Maret dan April ditangguhkan.

Sion Sono dikenal lewat karya "Cold Fish" dan "Himizu". Film "Love Exposure" yang ia buat memenangi FIPRESCI Prize di Festival Film Internasional Berlin pada tahun 2009.

Tahun lalu, ia debut di Hollywood dengan menyutradarai film "Prisoners of the Ghostland" yang dibintangi Nicolas Cage.

Baca juga: Aktor "That 70s Show" Danny Masterson dituduh perkosa tiga perempuan

Baca juga: Aktor Cuba Gooding Jr dituntut dengan tuduhan kasus perkosaan

Baca juga: Pengacara sebut R.Kelly alami penyerangan dan pemukulan di penjara

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022