Sudah ada banyak pemilik modal yang ingin berinvestasi tetapi masih menunggu ketersediaan listrik yang cukup
Mentok, Babel (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meyakini terwujudnya pembangunan interkoneksi jaringan kabel listrik bawah laut yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Bangka akan meningkatkan investasi di Negeri Laskar Pelangi.

"Dengan adanya interkoneksi kabel bawah laut di Selat Bangka ini, kita berharap pertumbuhan ekonomi semakin cepat karena saat ini sudah ada banyak pemilik modal yang ingin berinvestasi tetapi masih menunggu ketersediaan listrik yang cukup," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat melakukan kunjungan kerja di Mentok, Babel, Rabu.

Menurut dia, dengan adanya jaminan ketersediaan listrik di Babel maka akan segera masuk sejumlah investor di sektor perikanan, tambak udang dan peleburan atau smelter.

Sektor investasi akan semakin berkembang dan tentunya akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat juga akan ikut merasakan dampak positif dari geliat perekonomian tersebut.

Erzaldi meninjau proyek kabel bawah laut PT PLN di Pantai Asmara Mentok, Kabupaten Bangka Barat, yang didampingi Bupati Bangka Barat Sukirman dan General Manajer PLN UIW Babel Amris Adnan.

"Pada sirkuit pertama yang sudah terkoneksi berkekuatan 30 MW dan ini akan terus bertambah secara bertahap sampai pada puncaknya di 90 MW," katanya.

Setelah itu, kata dia, PLN akan melanjutkan dengan pembangunan sirkuit kedua yang jika digabungkan keduanya akan mampu memasok 200 MW. Dengan demikian, kebutuhan listrik di Bangka Belitung yang makin tinggi akan bisa terpenuhi.

"Kami perkirakan akhir tahun 2022, proyek kabel laut sepanjang 36 kms ini akan rampung dan konsumen akan merasa lebih nyaman karena ketersediaan listrik cukup dan tidak mempengaruhi tarif," katanya.

Amris menyatakan interkoneksi Sumatera-Bangka PLN siap mendukung pertumbuhan investasi di daerah itu dengan memenuhi pasokan listrik sesuai kebutuhan.

Baca juga: PLN: Uji coba kabel listrik bawah laut Sumatera-Bangka tak ada kendala
Baca juga: PLN realisasikan interkoneksi sistem listrik Sumatera-Bangka
Baca juga: PLN operasikan pembangkit listrik tenaga sampah di Bangka

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022