Jakarta (ANTARA) - Tim nasional (timnas) dayung Indonesia menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Almere, Belanda selama satu bulan untuk persiapan SEA Games Hanoi, Vietnam yang dijadwalkan bergulir pada 12-23 Mei.

Pelatih timnas dayung Muhammad Hadris atau yang akrab disapa Okhan mengatakan dari total 34 atlet yang disiapkan menuju Hanoi, 18 di antaranya berlatih di Negeri Kincir Angin sejak 1 April.

"Kami tiba pada 1 April, sorenya menyiapkan seluruh peralatan dan tanggal 2 April kami sudah berlatih. Mereka yang berangkat ke Belanda berjumlah 18 atlet. Kami akan kembali ke Indonesia pada 2 Mei," kata Okhan saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Baca juga: Timnas dayung pemusatan latihan di Bulgaria jelang SEA Games

Dari 18 nama yang TC di Belanda, lanjut Okhan, adalah mereka yang diproyeksikan meraih medali emas pada SEA Games Hanoi. Dia juga menjelaskan bahwa Belanda memang kerap menjadi negara tujuan Indonesia untuk pemusatan latihan.

"Sudah lama kami di sini. Bahkan, ketika persiapan Asian Games 2018 juga kami dua bulan TC di Belanda. Jadi bagi anak-anak sebenarnya bukan kali pertama dan hampir 95 persen atlet sebelumnya pernah berlatih di Belanda, hanya dua atau tiga atlet saja yang baru ke sini," kata Okhan.

Dari 18 nama yang berlatih di Belanda, 14 di antaranya adalah atlet putra. Mereka adalah Memo, Sulpianto, Rio Riski Darmawan, Edwin Ginanjar Rudiana, Rifqi Harits Taufiqrahman, Ihram, Kakan Kusmana, Mahendra Yanto, Ardi Isadi, Jefri Adrianto Suwarno, Ali Mardiansyah, Denri Maulidzar Al Ghiffari, Ferdiansyah, dan Ali Buton. Sementara untuk putri ada Julianti, Chelsea Corputty, Mutiara Rahma Putri, dan Melani Putri.

Selama berada di Negeri Kincir Angin, atlet Indonesia berada dalam pengawasan pelatih Muhammad Hadris dan Agus Budy Aji, serta pelatih asing Boudewijn Jorrit Van Opstal.

Baca juga: Dayung Indonesia berharap SEA Games Hanoi bergulir sebelum April 2022

Selain berlatih di Belanda, atlet juga akan mengikuti tiga kejuaraan dan salah satunya bergulir di Belgia. Semuanya dilakukan untuk bisa meraih hasil maksimal dalam menghadapi SEA Games Hanoi.

Dayung menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia. Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, cabang yang berada dalam naungan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) meraih lima medali dengan rincian tiga emas dan dua perunggu.

Pencapaian tersebut membuat Indonesia berada di posisi teratas dalam perolehan medali cabang dayung mengalahkan Filipina di urutan kedua dengan tiga emas dan satu perunggu, serta Vietnam di posisi ketiga dengan tiga perak dan satu perunggu.

Baca juga: Enam atlet dayung Sultra gabung pelatnas persiapan SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022