Pada masa yang akan datang, melalui berbagi informasi dengan sesama perusahaan anggota JJC, kami ingin mendorong perusahaan Jepang untuk ikut andil dalam program dekarbonisasi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Jepang melalui Jakarta Japan Club (JJC) membentuk satuan tugas (Satgas) Karbon Netral untuk mendorong upaya mewujudkan emisi nol bersih di Indonesia.

Dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan target emisi nol bersih pada 2060, JJC membentuk Carbon Neutral Task Force (Satgas Karbon Netral) pada 11 April 2022 sebagai bentuk kontribusi dari perusahaan Jepang di Indonesia, menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Rabu.

Di tengah maraknya tren global akan dekarbonisasi, minat terhadap dekarbonisasi juga meningkat di Indonesia. Pada 2021, pemerintah Indonesia menetapkan target emisi nol bersih 2060.

Namun, saat ini pasokan energi di Indonesia masih bergantung pada bahan bakar fosil seperti batubara.

Baca juga: Jepang Tawarkan Mekanisme Pertukaran Pengurangan Emisi Karbon

Selain itu, pencapaian pertumbuhan ekonomi dan netralitas karbon di masa depan telah menjadi isu global, tak terkecuali di Indonesia, di mana setiap perusahaan Jepang ikut berupaya memberikan kontribusi dengan memanfaatkan teknologi dan pengalamannya.

Untuk itu, dalam rangka berpartisipasi dalam percepatan transformasi energi di Indonesia, JJC sebagai wakil perusahaan Jepang membentuk satuan tugas netral karbon yang akan diketuai oleh Ketua JJC Corporate Department.

Di dalam satgas itu, Badan Kerja sama Internasional Jepang (JICA), Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang (JETRO) dan lembaga pemerintah Jepang lainnya akan bertindak sebagai sekretariat, dan dengan dukungan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, JJC akan melakukan kegiatan-kegiatan terkait upaya menuju emisi nol karbon di Indonesia.

"Pada masa yang akan datang, melalui berbagi informasi dengan sesama perusahaan anggota JJC, kami ingin mendorong perusahaan Jepang untuk ikut andil dalam program dekarbonisasi dan transformasi energi, serta akan berkonsultasi dengan pemerintah Indonesia dalam rangka berkontribusi pada realisasi dekarbonisasi di Indonesia," kata Kedubes Jepang dalam keterangannya.

Baca juga: Jepang sasar penurunan emisi 20 persen pada 2030
Baca juga: Indonesia-Jepang jalin kerja sama perdagangan karbon

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022