Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong Gerakan Pramuka Indonesia aktif berkontribusi membangun sumber daya manusia (SDM) unggul, dengan memahami nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan.

"Saya berharap Gerakan Pramuka tanggap dan inovatif menghadapi perubahan serta aktif memberikan kontribusi dalam memajukan semua aspek kehidupan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan juga nilai keindonesiaan," kata Wapres saat menerima pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui konferensi video di Jakarta, Rabu.

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, lanjut Wapres, Gerakan Pramuka melalui seluruh anggotanya diharapkan menjadi pelopor dalam membangkitkan optimisme masyarakat dan membangun kepedulian nasional.

Wapres mengatakan Gerakan Pramuka, sebagai wadah pembentukan kader pemimpin bangsa yang mengajarkan dan menanamkan rasa cinta kepada alam, memegang peran penting bagi kelestarian alam.

Baca juga: Wapres dukung Pancasila jadi pelajaran tersendiri

"Teruslah menanamkan dan juga menerapkan kecintaan kepada alam karena menjaga kelestarian alam tidak saja penting bagi generasi saat ini, tapi lebih bagi generasi mendatang," jelasnya.

Wapres juga mengapresiasi rencana kegiatan Jambore Nasional XI, yang akan digelar Kwarnas Gerakan Pramuka pada Agustus mendatang, sebagai kegiatan edukatif di alam terbuka. Dia mendukung seluruh rangkaian kegiatan dan berharap Jambore itu menghasilkan program dan kegiatan positif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dalam audiensi virtual dengan Wapres itu, melaporkan rencana penyelenggaraan Jambore Nasional XI.

Dia juga meminta dukungan Wapres berkaitan dengan penyiapan sarana dan prasarana, serta kebutuhan anggaran yang belum dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Besar harapan kami melalui Bapak Wakil Presiden untuk realisasi perbaikan sarana dan prasarana yang ada di Bumi Perkemahan Cibubur. Kebutuhan kami memang belum terprogramkan atau teranggarkan di APBN," kata mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu.

Baca juga: Adhyaksa lapor Wapres soal pembekuan anggaran Pramuka
Baca juga: Budi Waseso lapor Wapres masalah aset Pramuka

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022