Presiden RI diharapkan berkenan menganugerahkan penghargaan Primaniyarta 2022 di penghujung tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan kembali akan menganugerahkan Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Tahun 2022 kepada para pelaku ekspor berprestasi dan pembeli/importir internasional yang loyal.

"Indonesia memiliki eksportir-eksportir tangguh yang telah berjasa meningkatkan nilai ekspor nasional dan tentunya menjadi alasan loyalitas pembeli produk Indonesia," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta merupakan bentuk apresiasi kepada eksportir nasional dan importir luar negeri yang terus menumbuhkan ekspor Indonesia di tengah pandemi yang mengakibatkan lesunya perdagangan dunia.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong optimisme dan meningkatkan capaian Indonesia dalam perdagangan global terutama dalam kondisi pemulihan ekonomi global akibat pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi mengungkapkan, pada 2021 Indonesia mencetak nilai ekspor terbesar senilai 231,54 miliar dolar AS. Dari nilai tersebut, ekspor nonmigas tercatat sebesar 219,24 miliar dolar AS.

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah untuk para eksportir dalam meningkatkan ekspornya secara berkesinambungan.

Penghargaan itu bertujuan mengapresiasi para eksportir sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku ekspor lainnya serta mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing.

Sedangkan, penghargaan Primaduta diberikan kepada para pembeli luar negeri produk Indonesia yang secara kontinu dan loyal membeli produk Indonesia dengan tren yang terus meningkat.

"Dengan penghargaan ini diharapkan importir dapat terus mempromosikan, meningkatkan jumlah, dan memperluas jenis produk Indonesia yang diimpor," jelas Didi.

Dalam waktu dekat, lanjut Didi, pendaftaran bagi para eksportir yang berminat mengikuti seleksi Penghargaan Primaniyarta 2022 akan dibuka. Informasi lebih lanjut akan diumumkan secara berkala melalui media sosial seperti www.djpen.kemendag.go.id.

Peminat juga dapat menghubungi panitia Primaniyarta melalui email primaniyarta@kemendag.go.id.

Tahun 2021, Kemendag menganugerahkan penghargaan Primaniyarta kepada 20 eksportir berprestasi yang terdiri atas tujuh kategori yaitu eksportir pembangun merek global, eksportir pelopor pasar baru, eksportir pelopor produk baru, eksportir produk berkelanjutan, eksportir teknologi tinggi, eksportir digital marketing, dan eksportir muda.

Sedangkan untuk Primaduta 2021, Kemendag menganegerahkan kepada kepada 25 buyers dari 25 negara importir yang terbagi dalam kategori pasar utama dan kategori pasar potensial.

"Presiden RI diharapkan berkenan menganugerahkan penghargaan Primaniyarta 2022 di penghujung tahun ini," pungkas Didi.

Baca juga: Kemendag fasilitasi ekspor perdana UKM lantai kayu ke India
Baca juga: Jaga momentum ekspor, Kemendag gelar Good Design Indonesia ke-6
Baca juga: Mendag sambut Eropa bolehkan RI ekspor komposit telur dan susu


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022