Gubernur Aceh membangun masjid di Kelurahan Kasambang berukuran 14x14 meter karena sebelumnya masjid di wilayah itu hancur total akibat gempa 15 Januari 2021
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan Masjid Al Munawarah di Kelurahan Kasambang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang telah dibangun sejak gempa 2021.

Gubernur Aceh didampingi Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan pembangunan Masjid Al Munawarah tersebut di Mamuju, Rabu.

Gubernur Sulbar mengaku sangat berterima kasih kepada Gubernur Aceh yang telah bersedia membangun masjid di wilayah Mamuju yang sebelumnya diterjang bencana gempa berkekuatan 6,2 magnitudo pada 15 Januari 2021.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Sulbar dan Pemerintah Aceh telah menjalin kerja sama dalam rangka membangun sektor keagamaan dengan dibangunnya masjid di Kabupaten Mamuju tersebut.

"Sulbar yang dilanda gempa pada tahun lalu berusaha bangkit untuk semakin maju ketika dan kami butuh kerja sama dan bantuan dari provinsi lain di Indonesia," katanya.

Dia berharap agar Gubernur Aceh dapat terus bekerja sama dengan dan membantu Sulbar membangun daerahnya yang masih tergolong provinsi muda di masa mendatang.

Gubernur Aceh membangun masjid di Kelurahan Kasambang berukuran 14x14 meter karena sebelumnya masjid di wilayah itu hancur total akibat gempa 15 Januari 2021.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjelaskan pembangunan Masjid Al Munawwarah Mamuju dapat dilaksanakan berkat donasi yang dikumpulkan oleh masyarakat Aceh melalui penggalangan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa.

Dari penggalangan itu berhasil dikumpulkan donasi sebesar Rp1,2 miliar dan disepakati masyarakat Aceh untuk digunakan membangun Mesjid di Mamuju yang sebelumnya dilanda bencana gempa.

Gubernur dan masyarakat Aceh juga sebelumnya membantu pembangunan Masjid An-Nur di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Masjid Jami Nurul Hasanah di Kota Palu diresmikan Gubernur Aceh

Baca juga: Satu pekerja tertimbun reruntuhan masjid di Mamuju ditemukan meninggal

Baca juga: Gubernur Aceh letakkan batu pertama masjid di Lombok

Baca juga: Pemkab Mamuju zikir bersama peringati setahun gempa

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022